Malaysia Kendorkan Lockdown Mulai 4 Mei

Muhyiddin Yassin

Bertepatan Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei 2020, Malaysia akan mengendorkan lockdown mulai 4 Mei 2020. Sejumlah kegiatan bisnis kembali diberikan izin beroperasi untuk menyelamatkan perekonomian negara.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin memberikan intruksi bahwa pemerintah akan memutuskan menormalkan sektor perniagaan, pekantoran dan mall dengan penuh kehati-hatian dibuka mulai 4 Mei 2020. Ilusttasi foto traveling Rachmat Kurniawan dalam laman akun instagram@wawan_sawangan.

Menara Petronas
Social Distancing dan Work from Home di Malaysia 4 Mei, Dibuka Perlahan / Foto: Instagram@wawan_sawangan

Dibukanya aktivitas ekonomi tetap memperhatikan prosedur standar (SOP) dan mengikuti anjuran berdasar nasihat Kementerian Kesehatan dengan mengacu data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Hampir semua sektor ekonomi dan aktivitas perniagaan akan dibolehkan beroperasi sesuai syarat-syarat dan SOP yang ditetapkan oleh pihak berwenang,” tegas Muhyiddin dalam pidato khusus di Putrajaya, Jumat (1/5).

Buat pelancong dan pebisnis, catat apa saja yang belum dibolehkan:

  1. Gedung Bioskop,
  2. Tempat Karaoke,
  3. Tempat-tempat pijat refleksi,
  4. Tempat hiburan sejenis nightclub
  5. Acara seperti Bazaar, Pameran, Karnaval saat Ramadhan dan Idul Fitri
  6. Seminar dan menyerupai even MICE
  7. Semua aktivitas keagaaman di Surau, Masjid, Sholat Jumat dilarang

Perdana Menteri Muhyiddin merinci sesuatu yang melibatkan interaksi banyak orang seperti berkumpul dan melakukan kontak fisik tetap dibatasi dan atur jaga jarak aman.

Melarang acara-acara sosial, kemasyarakatan dan kebudayaan yang melibatkan banyak orang, seperti kenduri, open house, berbuka puasa beramai-ramai, konser, acara kebudayaan dan pertemuan bulanan Pemerintah/Swasta. Aktivitas belajar dan perkuliahan masih dilakukan dari rumah.

“Jadi, saudara-saudari boleh bermain badminton atau tenis di luar tanpa penonton. Joging, bersepeda, golf dan lari dalam kelompok kecil tidak melebihi 10 orang juga dibolehkan dengan syarat bahwa Anda menjaga jarak fisik dan sentuhan badan,” sebut Perdana Menteri.