PariwisataIndonesia.JokowiJajalGeberPakaiMotorKustom
Presiden Joko Widodo Jajal Geber Pakai Motor Kustom di Sirkuit Mandalika, KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, Jumat (12/11) / Ilustrasi gambar, sumber Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto

Pra Peresmian Sirkuit Mandalika, Jokowi Jajal Geber Pakai Motor Kustom

Melansir dari siaran tertulis Presiden, terungkap secara mendetail penampilan Kepala Negara ketika meresmikan Sirkuit Mandalika, seperti motor kustom Jokowi menyematkan logo RI1 dan didominasi warna hijau. Termasuk jaket balap, helm, celana, sarung tangan hingga sepatu balap roadrace warnanya senada.

Selain itu, juga disampaikan bahwa, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tampak memegang bendera kotak-kotak hitam putih (atau chequered flag).

Momen Menteri BUMN mengayunkan bendera tersebut sebagai simbol garis start/finish lintasan Sirkuit Mandalika telah dijajal Presiden.

Lalu, makna filosofis di balik motor kustom Jokowi melesat selepas bendera diangkat Erick Thohir untuk menjelaskan kepada dunia, bahwa balap motor internasional sudah siap digelar di salah satu pulau di Indonesia yang telah ditetapkan Jokowi sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) selain Bali.

Hal lain yang disampaikan dalam keterangan tertulis Presiden, menyebut motor milik Jokowi adalah type Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi.

Bahkan, sempat dijajal di jalan perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Kamis, 19 Desember 2019, tahun lalu.

Berikutnya, juga menyebutkan bahwa Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi dengan 17 tikungan serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi.

Tak cuma itu saja, trek lintasan Sirkuit Mandalika disebut-sebut sudah dilengkapi dua service road, seperti service road inner (panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter), dan service road outter (panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter). Termasuk pit lane-nya (panjang 835 meter dan lebar 14 meter).

” …Sirkuit Mandalika telah dibangun menggunakan teknologi pengaspalan paling modern.. “

Bersambung ke halaman berikutnya >>> Hal 3.