Solusi untuk UMKM, Beralih ke Platform Digital saat Corona

Bhima Yudhistira, Pariwisata Indonesia

Dalam wawancaranya kepada wartawan Bhima Yudhistira selaku Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), mengatakan Pemerintah daerah agar mengoptimalkan platform digital untuk bantu perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM).

Bhima mengajak Pemerintah daerah agar melibatkan platform digital, cara ini adalah solusi terbaik dalam upaya pemulihan UMKM yang saat ini paling terdampak akibat pandemik wabah corona.

Platform digital adalah solusi untuk pulihkan perekonomian UMKM di daerah. Penguatan ekosistem digital mengambil peranan signifikan, UMKM tertolong dalam memasarkan produk-produknya.

Istimewanya aplikasi berbasis digital, mengurangi kontak secara fisik. Baik penjual, pembeli tidak saling bertemu, penerapan social distancing dan hindari kerumunan.

Selama masa pandemi Covid-19, penting rasanya untuk Pemerintah daerah lakukan sosialisasi dan pendampingan.

“Kunci kesuksesan usaha di era new normal adalah masuk dalam ekosistem digital. Pemda juga perlu meningkatkan daya saing UMKM dalam berbagai cara melalui pendampingan, clustering hingga peningkatan kualitas tenaga kerja UMKM,” kata Bhima kepada wartawan, Senin (8/6).

Di samping itu, Bhima juga menyarankan agar pemerintah daerah memberikan subsidi paket data kepada UMKM yang terdampak untuk meringankan beban UMKM ketika ingin beralih ke digital.

“Saya juga usulkan subsidi internet untuk UMKM selama 6 bulan. Ini sangat membantu UMKM go-digital lebih cepat,” kata Bhima.

Bhima menyadari mendorong UMKM di daerah dari kebiasaan lamanya berealih ke penjualan secara online, bukanlah perkara mudah.

Tantangan lain yang dihadapi, soal pendanaan. Lalu kualitas sumber daya manusia(SDM) yang tidak semuanya, punya daya serap sama. Cepat memahami dan running, itu jadi tantangan tersendiri lagi.

Menutup wawancaranya, “Overlapping program juga penting dilakukan pengawasan. Jangan sampai dana bantuan untuk UMKM di daerah, bantuan dari pusatnya turun sampai ke desanya tidak merata. Bahkan, ada UMKM yang belum dapat bantuan akibat minimnya akses,” Bhima Yudhistira, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance(Indef).