3 Tempat Bersejarah di Sumbar yang Jangan Sampai Lupa Dikunjungi

Pariwisata-Indonesia

PariwisataIndonesia.IDSumatra Barat merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari potensi wisata Sumbar yang cukup lengkap, di mana hampir semua jenis objek wisata ada di sini, baik dari alam, budaya, kuliner hingga sejarah.

Selain menikmati keindahan alam, tidak ada salahnya menikmati tempat-tempat bersejarah. Beragam peninggalan sejarah masih berdiri kokoh di Sumbar.  Berikut beberapa tempat bersejarah di Sumbar yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Museum Adityawarman

Museum ini berlokasi di Jalan Diponegoro No. 10, Belakang Tangsi, Kota Padang, Sumbar yang dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada 16 Maret 1977. Nama Adityawarman digunakan sebagai penghormatan terhadap Raja Pagaruyung abad XIV Masehi.

Museum ini terkenal dan sering disebut-sebut sebagai Taman Mini-nya Kota Padang. Di tempat bersejarah ini banyak menyimpan benda-benda peninggalan sejarah yang sangat berharga, mulai dari arsip dan dokumen hingga pengenalan kebudayaan Minangkabau.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya yang membentang sepanjang 156 meter ini dibangun di atas Muara Batang Arau. Jembatan ini menghubungkan Kota Tua Padang dengan lokasi Taman Siti Nurbaya yang merupakan tempat pemakaman Siti Nurbaya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sore hari menjelang petang. Sehingga bisa menyaksikan keindahan sunset yang mempesona. Banyak masyarakat Padang yang menghabiskan waktunya menikmati keindahan dari tempat ini.

3. Benteng Fort de Cock

Benteng ini terletak di Kota Bukitinggi. Zaman dahulu Bukitinggi juga dikenal dengan sebutan Fort de Kock. Benteng ini didirikan pada tahun 1825 oleh Kapten Bauer sewaktu menjadi komandan Der Troepen dan Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda untuk antisipasi melawan serangan rakyat.

Hingga saat ini, Benteng Fort de Kock masih menjadi saksi bisu angkuhnya penjajahan Belanda yang pada saat itu berkuasa atas Minangkabau dan sisa-sisanya masih terlihat dari bangunan setinggi 20 meter dengan warna cat putih dan hijau ini.