Mengenal 3 Tarian Khas Sumatra Barat yang Cukup Populer

Sumatra Barat memiliki ragam tarian yang dikenal di Nusantara. Paling sering dipertunjukan tentunya adalah tari pasambahan yang menjadi simbol setiap kegiatan besar. Tarian-tarian khas Ranah Minang ini juga memiliki filosofinya sendiri.

Seperti tari pasambahan yang bertujuan untuk menyambut tamu, tari ambek-ambek koto anau untuk sarana ritual atau kegiatan agama, tari piring yang digunakan untuk ritual ucapan syukur, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa tarian Sumbar yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Tari Pasambahan

Tari Pasambahan merupakan salah satu seni tarian tradisional Minangkabau yang berkembang di berbagai daerah Sumatera Barat. Tarian ini ditampilkan dalam acara menyambut tamu dengan maksud sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu kehormatan yang baru saja tiba.  Kini, tarian ini tidak hanya ditampilkan dalam acara penyambutan tamu, namun juga dalam seni pementasan dan pertunjukan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

2. Tari Ambek-Ambek Koto Anau

Tarian yang satu ini berasal dari daerah Koto Anau, Lembang Jaya, Solok, Sumatera Barat, yang merupakan mimik anak-anak ketika mereka bermain, bercanda, pura-pura berkelahi yang dilengkapi dengan menggunakan gerakan pencak silat atau olah gerak dan rasa sebagai satu bentuk materi permainan anak Nagari Minang.

3. Tari Piring

Tarian yang satu ini tentunya sudah sangat familiar di telinga Anda, ya tarian ini memang menggunakan piring beneran loh. Tari piring merupakan tarian tradisional Minangkabau yang menampilkan atraksi piring. Dalam tarian ini, para penari mengayunkan piring di tangannya mengikuti gerakan-gerakan cepat yang teratur tanpa membuat satupun piring yang terlepas dari tangan.