3 Pakaian Adat Sumbar dengan Warna Indah yang Perlu Dikenal

Sumatra Barat merupakan provinsi yang memiliki budaya yang sangat beragam. Salah satunya adalah pakaian adat yang identik dengan warna cerah dan mencolok sehingga menambah keanggunan bagi pemakainya. Biasanya pakaian adat ini digunakan saat akan menikah.

Namun sering perkembangan zaman, ada beragam pakaian tradisional yang dipakai dalam kebutuhan acara penting tertentu. Busana tradisional ini juga merupakan simbol betapa pentingnya seorang ibu atau wanita dalam sebuah keluarga. Berikut beberapa pakaian adat yang dirangkum dari beragam sumber:

1. Batusangkar

Pakaian adat Sumbar pertama adalah Batusangkar. Ini diambil dari salah satu kota di Sumbar. Pada wanita memakai tutup kepala yang dipasang di kepala. Dipadankan dengan berpakaian karung dan songket. Baju yang dikenakannya berupa sulaman emas dibagian tangan dan leher.

Dalam kostum ini para pria juga memakai celana panjang dan kain songket yang ditenun di sekeliling tubuhnya. Pakaian yang dikenakan dibagian tangan berbordir emas dan kerah. Serta dilengkapi bagian kepalanya memakai topeng bernama Saluak.

2. Batabue

Jika pakaian adat Sumbar sebelumnya identik dengan warna mencolok, berbeda dengan ini. Warna yang paling sering digunakan dalam Batabue adalah warna merah, biru, lembayung, dan hitam. Biasanya mengenakan busana warna gelap dengan taburan benang emas yang membuatnya semakin terlihat berkilauan.

Taburan benang emas dalam pakaian adat Sumbar ini memiliki filosofi yang cukup unik yaitu menandakan betapa luasnya kekayaan alam Minangkabau. Baju Batabue ini terdiri atas baju kurung serta pernak-pernik di sekujur busana. Corak dan motifnya juga bermacam-macam.

3. Limpapeh Rumah Nan Gadang

Pakaian adat Sumbar berikutnya biasa dipakai oleh kaum wanita Minangkabau. Limpapeh Rumah Nan Gadang ini memilki ciri khas yaitu bagian kepalanya yang memiliki bentuk seperti atap rumah Gadang Sumbar. Secara umum pakaian ini memiliki desain yang berbeda-beda namun bentuknya menyerupai satu sama lain.

Makna dari keunikan pakaian tradisional ini adalah melambangkan kebesaran. Makna kebesaran bagi perempuan terlebih para istri, yakni tiang tengah dari bangunan rumah. Peran istri atau ibu dalam rumah tangga yakni sebagai pengimbang serta memperkokoh hubungan keluarga.