Pelesiran Wisata Sejarah di Tugu McArthur, Yuk Cobain!

PariwisataIndonesia.id – Tanah Papua menyimpan banyak obyek wisata yang sangat menarik, salah satunya Anda wajib mengunjungi obyek yang satu ini yakni wisata sejarah di Tugu McArthur.

Tugu McArthur merupakan saksi sejarah besar Perang Dunia ke-2 yang terjadi di tanah Papua.

Tugu ini menjadi peringatan datangnya pasukan sekutu di wilayah Pasifik pada tahun 1944. Hal ini terkait penyerangan sekutu terhadap Jepang yang saat itu menguasai sebagian besar wilayah Filipina.

Tugu ini diketahui didirikan oleh pasukan sekutu Amerika yang dipimpin oleh jenderal bintang lima asal Angkatan Darat Filipina.

Jendral yang dikenal dengan strategi ‘Loncat Katak’-nya ini berperan penting dalam Perang Pasifik pada Perang Dunia II.

Inilah sebab mengapa Tugu peringatan ini mengambil nama salah satu Jenderal Besar yang dimiliki Amerika Serikat hingga saat ini.

Selain memiliki nilai sejarah, keistimewaan Wisata Sejarah Tugu McArthur lainnya adalah memiliki panorama indah distrik Sentani berikut danau Sentani yang sangat indah pun menjadi menu utama untuk dinikmati.

Deretan pegunungan, Danau Sentani yang memesona, Bandara Internasional Sentani, dan juga kota distrik Sentani layak untuk menjadi primadona dari obyek wisata yang satu ini.

Sebagai bonus, waktu yang tepat untuk mengunjungi Tugu McArthur adalah sore hari ketika menjelang matahari terbenam, sebab bila cuaca cerah, Anda dapat menikmati bulatnya matahari yang memancar di langit hingga tenggelam di antara pegunungan yang menghampar. Pemandangan yang begitu memukau akan sangat sulit dilupakan dan menjadi pengalaman yang begitu berharga.

Menariknya, wisata sejarah di Tugu McArthur ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sepeser pun sata hendak masuk.

Adapun, Tugu McArthur ini berada dalam markas TNI, dan untuk masuk ke daerah ini diharuskan melapor ke pos penjagaan Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII Cenderawasih.

Di pos penjagaan pengunjung akan meninggalkan kartu identitas agar dapat diperbolehkan masuk ke dalam markas.

Untuk mencapai obyek wisata Tugu McArthur, pengunjung harus sedikit melewati jalanan berliku dan menanjak, kira-kira 15 menit dari Bandara Sentani dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Namun demikian, segala jerih lelah menuju tempat ini akan terbayar dengan keindahan panorama dan kisah sejarah menarik di Tugu McArthur