5 Pantai Keren di Kebumen

Pantai di Kebumen
sumber foto: netz.id

Pariwisata Indonesia- Hai Gaaees!

Kekayaan dan keindahan alam yang ada Indonesia, yang memberikan pesona nan memanjakan mata begitu banyak ragamnya. Mulai dari pemandangan perbukitan atau pegunungan, goa-gao unik, dan juga pantai-pantainya. Salah satu daerah yang ada di Indonesia yang memiliki destinasi wisata pantai yang keren-keren ada di Kabupaten Kebumen lhoo! Berikut ini kami usulkan 5 pantai yang ada di Kebumen yang layak kamu kunjungi, saat nanti sudah gak ada lagi badai virus corona, kemana aja sih?

Pantai Karang Bolong
sumber foto: youtube.com

1. Pantai Karangbolong
Adalah salah satu objek wisata pantai yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini berkontur landai, berpasir yang cukup luas, warna pasir di pantai karangbolong yaitu kelabu yang berukuran halus-kasar. Memang pantai karangbolong ini cukup menarik yaitu memiliki goa-goa yang cukup unik dan indah.

Selain itu di pantai ini juga terdapat banyak sarang burung walet yang dikelola pemerintah setempat sebagai pendapatan asli daerah selain dari pantai-pantainya. Kalo kamu ingin melihat sisi lain dari pantai karangbolong, kamu bisa naik kebukit yang ada diatas pantai, warga sekitar menyebut bukit tersebet adalah bukitthud. Dan bagi kamu yang memiliki hobi memancing perairan di Pantai Karangbolong juga sangat cocok buat kalian untuk menyalurkan hobi mancing kamu lhoo!

Pantai Logending
sumber foto: pinterest.com

2. Pantai logending
Pantai ini berada di antara laut selatan dengan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH Kedu Selatan, sehingga memberikan kesan yang kontras tapi cukup unik dan tentunya berbeda dengan pantai yang lain. Pantai logending ini berada di Desa/Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Untuk keindahan pantai logending sudah tidak diragukan lagi pastinnya, dengan luas lahan pantai yang cukup luas banyak hal yang bisa dilakukan di pantai logending ini seperti bermain air, pasir atau hanya sekedar menikmati indahnya alam dari sang pencipta.

Selain pantainya yang cukup lapang, para wisatawan juga bisa menikmati indahnya muara sungai Bodo, dengan perahu-perahu pesiar yang disediakan para nelayan setempat. Dengan perahu-perahu tradisional, maupun perahu tempel, kamu bisa menelusuri muara sungai Bodo yang merupakan pemisah antara wilayah Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap.

Pantai Menganti
sumber foto: kompasko.com

3. Pantai Menganti
Pantai yang satu ini memiliki tipe pasir pantainya yang berwarna putih serta terdapat panorama perbukitan juga tebing karst yang indah lhoo! Jadi tidak salah jika pantai menganti ini menjadi pantai terindah di Jawa Tengah. Jika kamu ingin melakukan kegiatan yang berbeda dari wisata pantai selatan. Pantai Menganti ini bisa digunakan untuk bermain surfing lhoo.

Pengelolaan pantai menganti ini sangat baik, ini bisa dilihat dari fasilitas yang ada seperti warung makan, tempat parkir, penginapan, mushola dan sarana pendukung lainnya. Pantai menganti ini berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen dan kurang lebih 35 Km dari Kota Gombong dan 42 kilometer dari Kota Kebumen.

Pantai Petanahan
sumber foto: yukpiknik.com

4. Pantai Petanahan
Pantai Petanahan ini merupakan obyek wisata yang cukup terkenal dan selalu ramai di datangi oleh para wisatawan, gak hanya dari Kebumen aja, banyak juga yang dateng dari luar daerah lhoo. Makanya pantai petanahan ini sarana dan prassarananya cukup lengkap, jadi wisatawan yang dateng terasa nyaman menikmati pemandagan lautnya. Pantai ini seakan memikat para pengunjung dengan deburan ombak laut biru yang berkejaran. Panas teriknya matahari, nggak serta merta membuat para pengunjung lengah untuk bermain air. Lokasi dari Pantai Petanahan ini berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen.

Pantai Laguna Lembupurwo
sumber foto: @harrylaks_dolanyok.com

5. Pantai Laguna Lembupurwo
Pantai yang dilengkapi hamparan hijau dari hutan cemara menyambut wisatawan yang berkunjung. Di tengah hutan cemara inilah terdapat laguna air payau nan jernih. Tak berlebihan menyebut destinasi wisata ini sebagai oase di tengah panasnya pasir pantai. Lokasi pantai ini berada di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit, rutenya pun cukup mudah dijangkau lantaran berada sekitar 1,5 km arah Selatan dari Jalan Daendels, jalur alternatif Jogja-Cilacap-Banyumas. Jalan menuju ke tempat itupun sudah cukup bagus dan bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat lhoo!