Zaskia, Menjaga Spirit Ramadhan Saat Covid-19

zaskiadyamecca
zaskiadyamecca

Ramadhan bertepatan pada bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Perayaan tahunan ini dihormati sebagai salah satu rukun Islam. Bulan Ramadan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal.

Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap Muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes atau hal lain yang sebabkan terhalang.

‘Marhaban Yaa Romadhan’  litertur menyebutkan, kata ‘Marhaban’ diambil dari kata raheb yang artinya luas atau lebar. Kata ini biasanya diucapkan saat ada tamu yang datang kemudian pemilik rumah menyambutnya dengan berkata “Marhaban” tidak salah apabila mengartikan ‘Marhaban’ dengan arti ‘selamat datang’ tetapi makna dari kata tersebut tidak sesederhana itu.

Makna lainnya adalah tempat perhentian musafir untuk memperbaiki kendaraan. Dan mengambil bekal buat lanjutkan perjalanan berikutnya. Dan kata ‘Marhaban’ dilekatkan dengan bulan Ramadhan.

Defenisi lengkap, ‘Marhaban Yaa Ramadhan’ punya arti tamu yang harus disambut dengan hati lapang penuh kegembiraan. Karena Ramadhan adalah tamu yang agung. Ia pantas untuk disambut penuh kegembiraan dan tentunya dengan hati yang lapang. Pada bulan ini segala amal pahalanya dilipatgandakan, segala hal dimudahkan.

Bulan Ramadan bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al-Quran dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” (surah Al-Baqarah 2: 183)

Hadirnya Bulan Ramadhan memberikan kesadaran pada umat Islam bahwa inilah waktunya, memaksimalkan amal shalih. Karena ketika berpuasa diri kita akan terbentengi dengan segala macam kemaksiatan. Ingin marah tapi ingat lagi puasa, ingin berzinah tapi ingat lagi puasa, dan seterusnya.

Selama berpuasa dari pagi hingga petang, Muslim dilarang makan, minum cairan apapun, merokok, dan berhubungan seksual. Selain itu, mereka diperintahkan menghindari perbuatan dosa, seperti berkata jelek hindari untuk menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong dan berkelahi. Dan menyempurnakan puasa dengan perbanyak pahala serta amal baik, seperti kalau jam makan siang yang biasanya makan, dapat dimaksimalkan dengan membaca Al-Qur’an.

zaskiadyamecca
Foto@Zaskiadyamecca

Bulan suci Ramadan yang ditunggu-tunggu umat Muslim di dunia tak terasa semakin dekat. Begitu pula dengan Zaskia Adya Mecca. Yuk kepoin Zaskia!

Dalam laman akun instagram@zaskiadyamecca mengatakan saat ini sudah mulai menyiapkan segala macam hal untuk sambut kedatangan bulan suci Ramadan.

zaskiadyamecca
Foto @zaskiadyamecca

Di Tengah pandemi wabah corona, ingin ibadahnya makin khusyuk saat bulan Romadhan nanti. Hal itu seperti disampaikan Zaskia melalui unggahan di Instagram-nya beberapa waktu lalu.

“Bismillah selamat pagiiii!!! Ga kerasa masuk Ramadhan seminggu lagiiiii 🥺🥺 masyaa Allah semoga kita semua bisa sampai dibulan penuh berkah itu… mulai siapin diri, dan segalanya.. ga pernah terbayangkan menjalani Ramadhan ditengah pandemi seperti saat ini 😖😢😭 semoga bisa membuat kita semua makin maksimal ibadahnya, makin khusyuk krn waktu ga akan banyak terbagi nanti dengan kesibukan dunia seperti yang biasa kita jalanin .. hang out, bukber sana sini dll 🙇🏻‍♀️🙇🏻‍♀️”

zaskiadyamecca
Foto @Zaskiadyamecca

Zaskia beranggapan kebijakan berdiam diri dengan #DiRumahSaja dapat dimanfaatkan untuk menarik diri dari beragam kesibukan dan mengurangi aktivitas luar selama bulan Ramadan. Masyarakat Indonesia jadi beradaptasi dengan rutinitas barunya dampak dari virus covid-19, seharusnya menjadikan ini makin lebih khusyuk beribadah.

“krn waktu ga akan banyak terbagi nanti dengan kesibukan dunia seperti yang biasa kita jalanin .. hang out, bukber sana sini dll 🙇🏻‍♀️🙇🏻‍♀️ krn udah biasa stay dirumah ngebuat kita lbh bisa mengendalikan diri buat kesana sini. iya, sebulan lebih ini udah bikin kita semua belajar beradptasi dengan rutinitas yang baru..,” tulis Zaskia tutup caption unggahan.