Aek Pitu Dai, Sianjur Mulamula

Rasa Airnya Beda-beda
pariwisata indonesia
foto: tagar.id

Pariwisata Indonesia.id — Sianjur Mulamula adalah sebuah desa di Kecamatan  Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara. Salah satu desa yang memiliki destinasi wisata alam yang cantik dan menarik perhatian wisatawan.

Dimana Desa ini konon diyakini oleh banyak orang sebagai tempat asal Suku Batak pertama. Selain punya nilai sejarah dan budaya amat tinggi, Sianjur Mula-mula juga terletak di lokasi indah. Desa yang menjadi bagian dari Pulau Samosir ini dikelilingi perbukitan indah dan juga hamparan lahan hijau yang sangat memanjakan mata.

Desa ini mempunyai sejumlah tempat wisata menarik yang bisa sobat kunjungi saat liburan tiba. Salah satunya adalah Aek Pitu Dai atau lebih dikenal dengan air tujuh rasa. Sesuai dengan namanya, sumber air ini benar-benar mengalirkan air dengan tujuh rasa yang berbeda-beda lho. Soal rasa tergantung bagi setiap orang yang mencicipinya. Konon ada yang rasanya manis, asam, bahkan mirip rasa soda.

Menurut cerita yang beredar, konon air dari Aek Pitu Dai ini bisa menyembuhkan penyakit. Selain itu, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, apabila ada wisatawan yang mengambil ketujuh sumber mata air ini untuk dibawa pulang apalagi dengan jarak yang sangat jauh, namun tidak mendapatkan izin dari para penghuni yang menjaga kawasan ini maka ketujuh air yang dibawa tersebut akan berasa seperti air tawar dan tujuh rasa yang tercipta dari sumber mata airnya pasti hilang.

Karena apabila ada yang ingin mengambil sumber mata air ini, tidaklah sembarangan. Khasiat yang terkandung dalam ketujuh sumber mata air ini memang terkenal sejak dahulu, sehingga tak jarang banyak wisatawan yang membawanya pulang. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar pun, siapa yang mandi di sumber mata air ini maka penyakit yang di deritanya pun akan hilang, tentunya dengan hati yang bersih pula agar terhindar dari malapetaka.

Namun diperingatkan untuk menjaga sopan santun selama berada di Aek Pitu Dai ini ya Sobat Pariwisata! Sebab lokasi ini dulunya merupakan lokasi mandi raja-raja Batak lhoo! Konon, menurut masyarakat sekitar dan beberapa penjaga Aek Sipitu Dai untuk masuk ke objek wisata ini tidaklah sembarangan, sebab bagi para wisatawan yang ingin mandi ataupun merasakan ketujuh rasa airnya harus berhati bersih dan tidak memiliki hati yang kotor, karena bisa saja bagi yang memiliki hati yang kotor maka ada saja bala yang akan di dapatkan.

Bagi Sobat Pariwisata yang ingin berkunjung ke Aek Sipitu Dai, diharuskan untuk menghormati kepercayaan dan tradisi masyarakat sekitar yang telah diturunkan dari generasi-generasi sebelumnya.