Pesona Danau Purba Matano, Terdalam!

Matano berasal dari bahasa Sarowako artinya mata air. Danau yang memiliki kedalaman maksimal hingga 590 meter ini merupakan danau terdalam di Indonesia dan Asia Tenggara, serta terdalam ke-8 di dunia, loh.
danau matano, pariwisata indonesia, media pvi, umi kalsum, Ridwan Semmawi, Air Terjun Tumpak Sewu,Wisata Alama,Wisata Air Terjun,Air Terjun di Lumajang,Wisata Jawa Timur,Pariwisata Indonesia,Info Wisata Alam
Foto: Ridwan Semmawi

Sobat Pariwisata sudah tahu belum?, Jika Indonesia memiliki salah satu danau purba dunia, yaitu Danau Matano. Lokasi danau terletak di Desa Matano, Kabupaten Luwu Timur di Sulawesi Selatan.

Lokasi ini tepatnya berada di ujung timur provinsi Sulawesi Selatan dan berbatasan dengan Sulawesi Tengah. Atau berjarak 50 kilometer dari Kota Maili, Luwu Timur. Dan Danau Matano luasnya: Panjang 28 kilometer, Lebar 8 kilometer.

Matano berasal dari bahasa Sarowako artinya mata air. Danau yang memiliki kedalaman maksimal hingga 590 meter ini merupakan danau terdalam di Indonesia dan Asia Tenggara, serta terdalam ke-8 di dunia, loh.

Danau yang terbentuk dari patahan karena aktivitas tektonik ini membutuhkan waktu sekitar 4 juta tahun untuk mengisi airnya. Karena usianya, danau ini pun digolongkan ke dalam salah satu danau purba di dunia. Kabarnya danau ini juga menyimpan sebuah kampung yang hilang. Para peneliti menemukan banyak tembikar dari masa lalu yang tenggelam di dasar danau ini.

Selanjutnya tralala, Devina Mahendriyani, ST. Ia adalah ‘Miss Scuba Indonesia Tahun 2016’ dan tampil sebagai Wajah Femina di tahun 2013, juga creative event dan segudang kebisaan semua profesi diraup. Banyak banget bisnisnya.

Langsung aja, inilah dua fotonya saat lakukan expedisi ke dasar Danau Matano. Sobat Pariwisata bisa nekat dan seberani mirip Devina?

Selain menyimpan peradaban kuno, danau yang memiliki luas 164,1 kilometer persegi ini juga menjadi tempat tinggal dari salah satu endemik yang langka, Ikan Butini (Glossogobius matanensis).

Ikan ini cirinya punya mata besar yang mencuat keluar, tidak bikin masyarakat ngeri untuk memakan Ikan Butini. Buktinya banyak ditangkap loh untuk dibawa pulang. Ikan ini bisa disebutr masuk kategori ke dalam ikan purba loh. Rasa dagingnya yang gurih membuat Ikan Butini jadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat lokal.

Sobat Pariwisata juga bisa ikut merasakan kelezatan ikan purba ini. Mau?

Ikan Butini, danau matano, pariwisata indonesia, media pvi, umi kalsum, Ridwan Semmawi, Air Terjun Tumpak Sewu,Wisata Alama,Wisata Air Terjun,Air Terjun di Lumajang,Wisata Jawa Timur,Pariwisata Indonesia,Info Wisata Alam
Foto: mongabay.co.id

Cobain menyelam hingga ke dasar danau. Keunikan lain Danau Matano akan terkuak setelah Sobat Pariwisata ada di dasar danau. Disini terdapat goa-goa yang tersebar di beberapa tempat di dasar danau. Asik dan seru juga tentunya menantang karena adanya di dasar danau.

Dari enam goa yang ada, tiga diantaranya terdapat di bibir danau. Untuk menjangkaunya, Sobat Pariwisata harus turun dari perahu dan susuri air di tepi danau hingga masuk ke dalam goa. Sobat Pariwisata akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Jangan kaget, Sobat Pariwisata. Jika menemukan Goa Tengkorak. Goa ini berisi kerangka manusia zaman dulu. Hiii, serem!

Di danau yang berada pada ketinggian 382 mdpl ini, Sobat Pariwisata bisa melakukan wisata air dengan berenang , bermain cano, main perahu hingga diving. Ikan-ikan Opudi yang cantik akan menemani aktivitas menyelam Sobat Pariwisata. Tentunya makin asik dan bikin seru liburan Sobat Pariwisata.

Pihak pengelola Danau Matano juga menyediakan perahu kano, rafting, serta banana boat untuk memfasilitas para pengunjung. Sobat Pariwisata bisa menjajal salah satu atau semua permainan di danau ini, sambil menanti momen matahari terbenam yang menjadi salah satu pemandangan favorit.

Lokasi wisata buka selama 24 jam, Sobat Pariwisata cuma perlu bayar tiket seharga 10.000 rupiah. Murah banget, bukan?

Sobat Pariwisata buat keseruan bermain wisata air dan ingin tahu banyak aktivitas Danau Matano langsung aja monitor akun instagram@devinamahendriyani, @ghegeearly18, @oskarmahendra, @hendramagande, @darfinlm.

Yuk, bertualang di danau purba terdalam milik Indonesia ini! (NIta/Kusmanto)