Surganya Para Diving Berada di Pulau Kapoposang

Foto: Samudranesia.id

PariwisataIndonesia.id – Pulau Kapoposang merupakan destinasi wisata bahari dan menjadi surganya para diving. Di tempat ini Traveler dapat menemui 14 spot diving, di antaranya, Januar Point, Aquarium point’, dan Tanjung Points. Juga terdapat satu spot untuk Traveler bisa merasakan sensasi menyelam bersama hiu, yakni Shark Point.

Pulau ini ditinggali oleh berbagai suku, seperti Suku Bugis dan Mandar. Pulau Kapoposang ini disebut-sebut sebagai surga tempat diving terbaik yang ada di Indonesia.

Pasalnya, tempat wisata ini memiliki keindahan bawah laut yang mengagumkan, selain itu pulau ini juga memiliki pasir putih yang bersih, ditambah dengan pemandangan air laut biru dan pohon kelapa, serta pohon cemara yang siap membuat traveler merasakan keindahan yang begitu nyata.

Tempat ini juga secara resmi dibagi menjadi 2 kepulauan taman wisata perairan. Terdapat 3 pulau yang berpenghuni, meliputi Pulau Pandangan, Pulau Gondong Bali, dan Pulau Kapoposang.

Sedangkan 3 pulau yang tidak di huni, yakni Pulau Suranti, Pulau Tambakulu, dan Pulau Pamangganan.

Destinasi wisata Pulau Kapoposang ini memiliki lingkungan yang masih asri dan terjaga kebersihannya, bahkan penerangannya pun menggunakan tenaga surya. Ekosistem bawah lautnya juga masih terjaga dengan baik, para traveler yang menyelam di pulau ini akan menemukan terumbu karang, lima, penyu, dan jika beruntung akan bertemu dengan hiu paus.

Traveler pun tidak mesti menyelam ke dasar laut, pasalnya di sini juga terdapat kaca air yang memudahkan traveler untuk melihat kehidupan hewan bawah laut dari darat, yang akan terlihat tetap indah dan tak payah menyelam ke dalamnya.

Apabila traveler tetap ingin menyelam, maka traveler bisa mendatangi beberapa titik andalan yang ada di sini untuk memperoleh spot yang cantik, yakni Titik Penyelaman Gua ( Care Point ), Titik Penyelaman Penyu ( Turtle Point ), dan Titik Hiu ( Shark Point ).

Titik-titik penyelaman tersebut memiliki pemandangan bawah laut yang berbeda dan tetap memiliki keindahannya sendiri. Fasilitas di pulau ini pun cukup memadai, ditambah dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti bungalow dengan harga yang ramah di kantong, fasilitas berolahraga, penginapan, dan dive operator.

Untuk itu, sebelum traveler berada dan merasakan keindahan dan sensasi Pulau Kapoposang ini, traveler harus memiliki persiapan yang matang, mengingat jaraknya dari kota Makassar sekitar 68 KM dan bisa ditempuh dengan perahu motor dalam waktu kurang lebih 4 jam.

Jasa sewa perahu untuk membawa traveler ke tujuan, angkanya pada kisaran harga 1,2 jutaan. Harga tersebut belum termasuk untuk biaya yang lainnya, seperti makan dan minum. Mahal?

Namun tenang saja, ada cara alternatif lain guna memangkas biaya itu semua. Traveler bisa mendatangi daerah pelabuhan Paotere yang ada di Makassar, traveler dapat menyewa kapal tradisional yang ada di area kanal dan hanya berjarak 30 meter dari gerbang pelabuhan tersebut.

Disini traveler akan bertemu dengan kapal-kapal yang akan traveler gunakan, dan dianjurkan menaiki kapal yang akan berlabuh menuju Pulau Gongong, agar searah dengan tujuan traveler. Biaya kapal tersebut hanya 25.000 rupiah dan traveler harus mengetahui jadwal keberangkatan kapal tersebut, ya!

Nah itu tadi adalah informasi menarik seputar destinasi wisata bahari Pulau Kapoposang yang bisa Traveler kunjungi. Dari sekarang mulai menabung, setelah cukup anggaran liburan traveler bisa langsung “cus”, let’s go Pulau Kapoposang!