3 Jajanan Tradisional Khas Jakarta yang Rugi Bila Dilewatkan

kerak telor
foto: dapurkobe.co.id

Jakarta terkenal dengan makanan dan jajanan khas Betawi yang digemari masyarakat. Makanan di daerah ini dipengaruhi oleh budaya lain seperti Cina, Eropa, bahkan Arab.

Makanan khas Jakarta menjadi bukti akulturasi budaya yang apik antara budaya asli Indonesia dan luar negeri. Berikut beberapa jajanan khas Betawi yang dirangkum dari Katadata:

1.Kerak Telor

Berbeda dengan soto yang hampir semua daerah ada, kerak telor hanya berasal dari Jakarta. Makanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan telur, dan serundeng. Kemudian dibakar di atas tunggu api. Telur yang digunakan bisa telur ayam atau telur bebek sesuai dengan selera.

2. Asinan Betawi

Asinan Betawi menjadi makanan khas Betawi DKI Jakarta yang perlu Anda coba. Makanan ini berisi berbagai sayuran yang sehat seperti kubis, sawi, dan tauge.

Anda juga bisa menambahkan tahu sehingga rasanya semakin kaya. Setelah semua bahan disatukan, kemudian disiram dengan garam dan cuka sehingga rasanya asam dan asin.

3. Laksa Betawi

Jika nasi kebuli merupakan bentuk akulturasi budaya Betawi dengan budaya Arab, maka laksa Betawi ini perpaduan antara cita rasa nusantara khususnya Betawi dengan kuliner khas Melayu.

Laksa Betawi ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan laksa Bogor. Hanya saja, dalam kuah laksa Betawi terdapat rebon atau udang kecil yang membuat cita rasanya semakin gurih dan kental.

× Hubungi kami