3 Minuman Tradisional Khas Betawi yang Kini Cukup Langka

sumber foto: .today.line.me

Minuman khas Betawi tak kalah menggugah selera dengan makanannya. Seperti kita tahu, Betawi memiliki ragam kuliner yang khas, tak hanya makanannya saja tetapi juga minumannya. Sama halnya dengan makanan. Minuman khasnya juga tersimpan unsur budaya. Berikut kumpulan minuman tradisional Betawi yang dirangkum dari Inews:

1. Bir pletok

Minuman khas Betawi di urutan pertama adalah bir pletok. Meski namanya bir, minuman ini tidak mengandung alkohol. Sebab bir pletok dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Agar warnanya lebih mencolok, masyarakat Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

2. Aer manis

Jika bertamu ke rumah orang Betawi asli, kamu bisa saja disajikanaer manis.Aer manis dibuat dengan air yang direbus dengan mencampurkan sereh dan daun jeruk. Warnanya cokelat pucat mirip sekali dengan teh. Untuk menambahkan rasa,aer manis juga dapat ditambahkan dengan apel hijau atau pacar cina.

Minuman tradisional khas Betawi ini juga terancam punah. Aer manis memiliki lambang penghormatan sehingga sering disajikan saat menerima tamu yang berkunjung ke rumah.

3. Kopi jahe

Dilansir dalam ‘Kuliner BetawiSelaksa Rasa dan Cerita’ oleh Akademi Kuliner Indonesia, kopi jahe memiliki aroma rempah yang dapat membuat tubuh terasa hangat. Airnya dibuat dengan campuran rempah-rempah yang terdiri dari cengkih, kayu manis, temu mangga, daun pandan dan jahe yang kemudian digunakan untuk menyeduh kopi.

Kopi jahe yang beraroma aromatik ini sering disuguhkan saat sore hari atau saat tamu berkunjung pada keluarga Betawi.