3 Sajian Makanan Khas Sumbar yang Bisa Menggoyang Lidah

Pariwisata Indonesia
Rendang (Image Source: Sajian Sedap)

Selama libur Lebaran, beberapa orang memutuskan untuk kembali ke kampung halaman atau berwisata ke beberapa lokasi. Sumatra Barat salah satu provinsi di barat Indonesia menjadi salah satu favorit untuk dikunjungi wisatawan.

Di Sumbar, sangat terkenal akan sajian kulinernya yang begitu nikmat. Beberapa kuliner bahkan telah terkenal ke mancanegara. Berikut beberapa sajian kuliner Sumbar yang sayang bila tidak dinikmati ketika berkunjung ke tanah Minang:

1. Rendang

Rendang merupakan menu legendaris dari Sumbar. Menu yang dibuat dari olahan daging sapi dan aneka rempah ini pernah menduduki peringkat pertama dalam daftar hidangan paling lezat di dunia versi CNN Internasional. Dalam penyajian rendang terdapat aneka bumbu dan rempah yang menambah rasa.

Meski saat ini rendang sangat mudah djumpai di berbagai daerah, penghasil rendang yang sangat legendaris dan terkenal akan kualitasnya tentunya tetap ada di Minangkabau, yakni Payakumbuh. Bahkan menikmati rendang di daerah asalnya akan memberi sensasi yang berbeda.

2. Sate padang

Kuliner olahan daging di Sumbar lainnya adalah sate padang. Sebagian orang pastu kesulitan membedakan sate padang karena bentuknya berbeda-beda. Karena sate padang biasanya hadir dalam tiga jenis yang berbeda, yakni sate padang panjang, sate padang, dan sate pariaman.

Selain berbeda daerah asalnya, ketiganya juga hadir dalam sajian bumbu yang berbeda. Sate padang menggunakan bumbu kacang yang kental dan bentuknya menyerupai bubur. Sate pariaman memiliki kuah yang berwarna merah. Sedangkan sate padang panjang biasanya disajikan dengan bumbu sate yang berwarna kuning.

3.  Dendeng balado

Makanan khas Sumbar memang didominasi oleh olahan daging sapi. Selain rendang dan sate padang, wisatawan bisa juga menyantap dendeng balado. Makanan yang terbuat dari daging sapi ini dibuat dalam bentuk irisan tipis, lalu digoreng, dan dilumuri dengan bumbu balado yang kaya akan rempah.

Wisatawan akan mudah menemukan restoran atau tempat makan yang menjual dendeng balado dengan rasa otentik di Kota Padang, Sumbar. Sajian ini memang cukup favorit dipilih oleh para wisatawan terutama mereka yang selama ini merantau ke tanah seberang.