5 Kuliner khas Manado, Sulawesi Utara

5 Kuliner khas Manado, Sulawesi Utara

Beraneka Ragam Jenis Masakan Dengan Rasa yang Menggoda Selera

Sobat Pariwisata! Mengulas informasi seputar kuliner Nusantara memang nggak ada habisnya, mulai dari kuliner tradisional maupun kuliner khas setiap daerah di Indonesia, hingga kuliner yang namannya sudah mendunia. Kali ini redaksi PariwisataIndonesia.ID akan mengintip beberapa kuliner yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Berikut 5 kuliner pilihan redaksi yang dirangkum dari beberapa sumber dan layak untuk jadi rekomendasi wisata kuliner nanti, antara lain dibawah ini :

Cakalang Fufu

Cakalang Fufu. foto: katalogwisata.com

1. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu adalah olahan ikang Cakalang yang khas Manado yang juga sangat populer. Diolah dengan cara diasapkan, ikan Cakalang Fufu memiliki rasa unik yang sangat lezat. Tidak cuma lezat, ternyata ikan Cakalang juga terkenal akan kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan dan juga perkembangan otak, lhoo!

Ayam Tuturaga

Ayam Tuturaga, foto: resepsedapku.com

2. Ayam Tuturaga

Ayam memang bisa diolah menjadi beragam bentuk sajian yang lezat. Seperti di Manado, selain ada ayam isi buluh yang tersohor juga terdapat sajian berbahan dasar ayam lain. Nama makanan tersebut adalah Ayam Tuturaga. Kuliner ini adalah makanan khas Manado yang menyajikan ayam bersama kuah santan. Dari tampilannya ayam tuturaga mirip dengan opor ayam tapi warna ayam tuturaga merah, bukan kuning pucat seperti pada opor.

Kuah santan pada ayam tuturaga dicampur dengan perasan jeruk nipis dan cabai merah sehingga menghadirkan rasa pedas asam menyegarkan. Selain itu juga terdapat bumbu lain semisal bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, garam, gula, dan perasan jeruk nipis. Ayam tuturaga paling enak jika dimakan bersama nasi hangat. Tidak perlu sambal dalam menyantap ayam tuturaga karena rasanya sudah cukup untuk membuat lidah menari-nari liar.

Sambal Dabu dabu

Sambal Dabu dabu, foto: indoindians.com

3. Dabu-Dabu

Dabu-dabu merupakan salah satu makanan khas Manado paling populer, bahkan banyak dikatakan sebagai ikon dari kuliner di Manado. Dabu-dabu sendiri merupakan olahan sambal khas Manado dimana potongan cabau dipadupadankan dengan potongan tomat segar, bawang merah dan berbagai bahan lainnya, menciptakan rasa pedas yang sangat menyegarkan. Di Manado sendiri, terdapat beragam olahan Dabu-dabu mulai dari dabu-dabu lemong, dabu-dabu bakar, dan berbagai olahan khas Manado lainnya.

Sambal Roa

Sambal Roa, foto: resepdapurmu.com

4. Sambal Roa

Manado memang surganya para pecinta kuliner pedas. Selain Dabu-dabu, masih ada sambal khas Manado lainnya yang bisa Toppers cicipi yaitu Sambal Roa. Kuliner tradisional Manado ini diolah dari daging ikan roa yang diasapkan, kemudian dicamburkan cabe rawit dan berbagai rempah lain yang membuat sambal ini menjadi sangat gurih. Saking populernya, sambal ini kerap dijadikan oleh-oleh dari Manado oleh para wisatawan.

Ayam Rica-Rica

Ayam Rica-Rica, foto: resepcaramemasak.info

5. Ayam Rica-rica

Dari sejumlah makanan khas Manado yang ada, mungkin yang paling dikenal masyarakat Indonesia adalah Ayam Rica-rica. Di berbagai daerah bisa dengan mudah didapati restoran atau warung makan yang menyajikan menu khas Manado ini. Ayam rica-rica adalah hidangan berat dari ayam yang dibumbui dengan cabai yang menghasilkan cita rasa pedas yang menyengat.

Dalam bahasa Manado “rica” sendiri berarti pedas atau cabai, jadi untuk kamu penyuka makanan pedas boleh mengetes nyali dengan menyantap seporsi ayam rica-rica bersama nasi hangat. Biasanya ayam rica-rica juga dimakan bersama perasan air jerk nipis sehingga rasa pedasnya berpadu dengan asam jeruk. Ayam yang dibumbu rica pada makanan ini mempunyai tekstur yang empuk dan bumbunya menyerap hingga ke dalam serat daging lhoo!

Buat sobat pariwisata yang setia, itulah 5 kuliner pilihan redaksi. Saat nanti berkunjung ke provinsi Sulawesi Utara, jangan lupa mencoba kuliner khas yang ada di kota ini ya!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )