5 Kuliner Khas Sumatra Utara

Menawarkan kelezatan, kenikmatan akan cita rasanya
hipwee.com

PariwisataIndonesia.id – Buat Sobat Pariwisata, yang suka berwisata kuliner rasanya kurang lengkap kalau tidak mencicipi sajian kuliner khas nusantara yang berasal dari kota Medan, Sumatra Utara. Saat berkunjung ke provinsi ini cobain kuliner yang disajikan yang menawarkan kelezatan, kenikmatan akan cita rasanya serta ada yang unik dalam penyajiannya. Supaya tidak penasaran simak ulasan berikut ini:

1. Itak Gurgur

kuliner medan,pariwisata indonesia,wisata kuliner medan
foto: Blogspot.com

Makanan khas Sumatera Utara yang satu ini berasal dari Medan. Biasanya sih disajikan pada saat acara-acara adat. Bahan dasar Itak Gurgur sama dengan leppet. Penamaan makanan sebagai Itak Gurgur tidak lepas dari tepung beras, karena beras yang dihaluskan jadi tepung secara tradisional dalam bahasa Batak disebut Itak. Sementara kata Rurgur memiliki arti membara.

Makna filosofis yang dihasilkan dari perpaduan antara Itak dan Gurgur adalah suatu pengharapan agar yang memakannya dapat memiliki semangat yang membara. Hanya saja Itak dibuat dengan mencampur tepung beras dengan kelapa parut, air panas, dan sedikit gula pasir. Adonan kemudian dicampur rata dan dicetak menggunakan tangan sendiri. Setelah itu bisa langsung disantap.

2. Anyang Pakis

Pariwisata Indonesia
foto: grid.id

Sekilas pandang makanan khas Kabupaten Asahan, Sumatera Utara ini mirip seperti urap-urapan ya, Sobat Pariwisata? Sebenarnya Anyang Pakis berbeda dengan urap. Kulineran yang satu ini terbuat dari sayuran pakis yang dibumbui dengan kelapa serundeng. Serundengnya sendiri juga telah dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah khas.

Sementara untuk pakis sebelumnya juga telah direbus atau dikukus terlebih dahulu. Baru kemudian dicampurkan bersama bumbu serundeng yang sudah dimasak.

3. Manuk Napinadar

Pariwisata Indonesia, kuliner medan
foto: visitsamosir.com

Makanan yang juga dikenal dengan istilah Ayam Napidanar ini rupanya salah satu jenis santapan yang biasanya sih ditemuin pada acara-acara adat. Proses pembuatan Manuk Napinadar termasuk sulit dan cukup rumit. Pasalnya yang jadi hal paling inti dari makanan satu ini adalah saos yang terbuat dari darah ayam. Karena itu untuk membuat Manuk Napinadar dibutuhkan kesabaran yang sangat luar biasa.

Cara pembuatannya dimulai dengan memanggang ayam sebentar, kemudian disiram menggunakan saos darah ayam. Setelah itu ayam dicampur dengan aneka bumbu halus yang biasanya terbuat dari bawang putih dan andaliman. Kemudian setelah tercampur merata, ayam dimasak sampai matang dan barulah siap untuk sajikan.

4. Dekke Na Niura

Pariwisata Indonesia,kuliner medan
foto: merahputih.com

Makanan khas Sumatera Utara yang lain dan jangan sobat pariwisata lewatkan, namanya adalah Dekke Na Niura. Dahulu kuliner lezat ini adalah makanan yang hanya dikonsumsi oleh raja-raja suku Batak. Bahan utamanya terbuat dari ikan mas.

Cara pembuatan kuliner ini cukup simpel dan sederhana. Ikan mas yang sudah dibersihkan diolesi dengan asam dan bumbu halus lalu didiamkan kurang lebih selama empat jam. Setelah itu baru disajikan. Semakin mantap saat disantap bersama nasi yang masih hangat.

5. Saksang

Kuliner khas Sumatera Utara berikutnya adalah Saksang atau biasa juga disebut Sangsang. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan baku daging babi atau daging anjing. Daging tersebut dicincang, kemudian dimasak menggunakan darah, rempah-rempah halus, serta santan. Saksang merupakan makanan khas Sumatera Utara yang berasal dari Batak ini merupakan menu wajib dalam acara-acara adat. Untuk kamu yang muslim, mungkin ini bukan pilihan menu yang tepat.