Asinan Betawi yang Menggoda Selera

sumber foto: arisubagja.blogspot.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Kuliner di Indonesia sangat beragam dan terkenal akan kenikmatnya ya Gaaeees? Salah satunya yang dikenal dengan nama Asinan. Seperti di Jakarta juga memiliki kuliner jenis ini.

Asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan adalah salah satu hidangan khas seni kuliner Indonesia.

Asinan Betawi
sumber foto: wikipedia.org

Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak, perbedaan utamanya antara lain bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar. Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Betawi dan Asinan Bogor. Asinan dapat kamu temukan baik yang dijual di rumah makan, warung, atau pedagang keliling di Indonesia.

Asinan Betawi
sumber foto: pergikuliner.com

Asinan Betawi ini berisikan sayur-sayuran, seperti sawi, kembang kol, tauge, selada, kacang tanah goreng, dan tahu putih. Selain itu, kuahnya berupa bumbu kacang segar dicampur cuka dan cabai dan dilengkapi dengan tambahan kerupuk hingga mie kuning.

Zat gizi yang terkandung di dalam Asinan Betawi sangatlah banyak, karena terbuat dari sayuran-sayuran yang gak melewati proses pemasakan. Oleh karena itu, vitamin-vitamin dan mineral dalam Asinan Betawi gak rusak ataupun hilang, sedangkan bumbu kacang yang disiram di atas sayuran asinan ini juga mengadung protein. Kuliner ini cocok bangetzz saat ini buat kamu yang sedang di rumah saja ya Gaaees.

#LawanCorona #JagaKesehatan #Dirumahsaja