XL Axiata Serahkan Donasi Rp 10,8 Miliar dan APD

PT Xl Axiata Sumbangkan 10,8 Miliar dan APD

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyerahkan donasi untuk mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Simbolis, Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Dharmayusa (kanan) menyumbangkan donasi tunai dan APD kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diterima Kepala BNPB, Doni Monardo (kiri), di Jakarta, Foto: Selasa, 7 April 2020.

PT Xl Axiata Sumbangkan Rp 10,8 Miliar dan APD
PT Xl Axiata Sumbangkan Rp 10,8 Miliar dan APD

Penyerahan donasi nilainya lebih dari Rp 10,8 miliar. Sumbangan ini dalam bentuk tunai Rp 10 miliar dan selebihnya berupa seragam alat perlindungan diri (APD).

Sumbangan yang diserahkan tersebut selain dari perusahaan juga diperoleh dari partisipasi para karyawan. Donasi kolektif dari wujud kepedulian karyawan Xl Axiata terkumpul sebesar Rp 818 juta.

Karyawan XL Axiata berempati dan ingin turut serta ambil bagian dalam membantu sesama hadapi pandemik Covid-19. Secara khusus kepada mereka yang berdampak wabah korona ini. Dilansir dari berita Tribun dan Antara(7-8/4), Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan melihat perkembangan di beberapa hari terakhir, tentu turut prihatin dan tidak bisa lagi berpangku tangan menyerahkan musibah korona ini hanya kepada pemerintah semata.

Baca Juga :  Pengusaha Peduli NKRI Bersama Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia Bantu Virus Korona

Pemerintah sudah berupaya keras terlihat mendapatkan banyak dukungan. Baik itu di level Kementrian, BUMN dan pemerintahan daerah serta kehadiran peran swasta dalam hal ini pengusaha maupun perusahaan-perusahaan yang berbisnis di Indonesia.

Pihak swasta berpartisipasi memberikan sumbangan. Demikian pula, peranan masyarakat yang hadir secara luas di berbagai daerah, semua lapisan turun membantu aktif melakukan penggalangan dana dan menjadi relawan.

Pemerintah sangat konsen dan memperhatikan wabah ini secara seksama. Dapat dilihat dari keputusan Presiden Joko Widodo yang menambahkan alokasi belanja APBN 2020, ditingkatkan. Jelas ini menunjukan keseriusan Pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga : Tambah Rp 405,1-triliun, Prioritaska untuk Kesehatan Masyarakat dan Lapisan Bawah

XL Axiata juga mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman dari paramedis yang mereka ini berada di lini terdepan. Dengan gigih, penuh ketulusan membantu penanganan pasien positif yang jumlahnya terus bertambah. Tidak lupa, turut mengucapkan duka yang sedalam-dalamnya kepada para profesor, dokter dan suster maupun tim medis yang telah meninggal dalam tugas. Jumlah mereka yang berdampak ini tidak sedikit ikut menjadi korban. Mereka adalah pahlawan pahlawan bangsa ini.

“Karena itu, meskipun XL Axiata sudah sempat beberapa waktu yang lalu menyerahkan donasinya melalui BNPB, pihak kami akan terus berusaha mencari cara bagaimana agar kembali dapat menambahkan donasi,” kata Direktur dan CEO XL Axiata.

Adapun sebesar Rp 800 Jutaan, diserahkan dalam bentuk APD yang disalurkan langsung ke sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan utama penanganan Covid-19.

“Syukur Alhamdulillah, pada saat ini kami bisa menyumbangkan berupa dukungan dana dari perusahaan sebesar Rp 10 miliar. Dan kemudian, melalui program partisipasi peduli karyawan XL Axiata berhasil menggalang dana secara patungan telah terkumpul sekitar Rp 800 jutaan,” sampainya.

Dian menambahkan, sumbangan XL Axiata ini akan disalurkan dalam bentuk dana sebesar Rp 10 miliar melalui BNPB. Selanjutnya dari Rp 10 milliar tersebut akan disalurkan ke Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebesar Rp 5 miliar dan Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar Rp 5 miliar.

Baca Juga :  Yayasan Orang Tua Group Peduli Salurkan Bantu Virus Korona

Menurut Dian, XL Axiata akan terus mencermati perkembangan penanganan Covid-19 ini. Sebagai perusahaan yang juga memiliki lebih dari 1.600 karyawan beserta keluarganya di berbagai daerah, perusahaan memandang partisipasi aktif dalam mitigasi Covid-19 juga adalah bagian dari upaya untuk melindungi keluarga besar XL Axiata.

Baca Juga :  Tahir Foundation dan Mayapada Group Berikan Donasi Hadapi Virus Korona

Dukungan donasi XL Axiata kali ini, akan kemungkinan bukan yang terakhir. Manajemen XL Axiata sudah menyiapkan alokasi dana khusus jika sewaktu-waktu, urgensi dan dipandang perlu untuk kembali mendukung mitigasi Covid-19. Tentunya akan disesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Pihak XL Axiata juga menjelaskan sudah memberikan dukungan penuh untuk komunikasi kepada BNPB. Selain itu berupa perangkat APD buat petugas medis, layanan telekomunikasi dan data yang terdiri dari akses gratis bagi penggunaan telpon, SMS, dan data/internet maupun penggunaan MS Office serta edukasi kepada masyarakat/publik melalui pengiriman pesan SMS secara intens seputaran informasi Covid-19.

Selanjutnya, XL Axiata menambahkan bahwa sudah juga memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di lokasi area Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang saat ini dijadikan sebagai rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19. Dan ikut serta pula XL Axiata dalam membantu rumah sakit-rumah sakit yang fokus pada penanganan Covid-19.

Masih termasuk dalam bantuan kerjasama ini juga, XL Axiata mengirimkan SMS blast dari BNPB kepada semua pelanggan, berisikan informasi dan imbauan seputar penanganan Covid-19, serta materi sosialisasi dan edukasi terkait bahayanya wabah korona (Covid-19) ini. Dalam hal tersebut tadi, satu unit mobil BTS telah ditempatkan guna mendukung aktifitas komunikasi para petugas medis dan pasien.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini berharap kepedulian ini dapat memberikan manfaat nyata bagi para pelanggan XL Axiata dan masyarakat secara luas yang mendapatkan informasi tercepat, akurat dan selalu update untuk penanganan pandemik covid-19, seputar prosedur penanganan jika diduga ada masyarakat yang tertular, hingga mengenai rumah sakit mana saja yang menangani pasien positif di berbagai daerah. Semua itu dilakukan pihak Xl Axiata dalam wujud kepedulian sesama anak bangsa.