Awas Sembunyi, Ayam Tangkap Ditemukan di Aceh!

Ayam Tangkap Pariwisata Indonesia

Ayam goreng dibalur tepung, ayam opor, sampai ayam semur dan ayam bakar dengan lelehan kecap adalah hidangan ayam yang biasa kita jumpai.

Baca Juga:  Pariwisata Aceh dalam Foto dan Video

Jika kamu pergi ke Aceh, kamu bisa menemukan hidangan ayam yang unik namanya. Mendengar namanya aja dijamin bikin kamu terheran-heran. Kuliner satu ini adalah ayam tangkap, sajian menu khas Aceh dan terkenal.

Menarik, bukan? Disebut ayam tangkap, bukan berarti kita harus main kejar-kejaran dengan ayam ini ya. Penyajian yang unik dengan cara menyembunyikan ayam di balik dedaunan, samar-samar ditumpukan sayur dan bumbu penyedap, bikin kita harus mencari ayam ini sebelum menyantap.

Baca Juga:  I Love Indonesia, Jelajah Pariwisata Aceh

Ayam tangkap dibuat menggunakan bumbu-bumbu seperti kemiri, bawang putih, lada, garam dan jahe. Sebelum digoreng, ayam terlebih dahulu direndam dan didiamkan selama kurang lebih sepuluh menit, hal ini dilakukan supaya bumbu-bumbu tadi bisa meresap dan menambah rasa gurih dari ayam tangkap.

Baca Juga:  Berbuka dengan Ayam Tangkap!

Pada proses perendaman, bumbu akan ditambah dengan dedaunan seperti teumuru, salam koja, dan potongan daun pandan. Setelah proses perendaman, daun-daun ini tidak di buang, karena nantinya akan ikut dihidangkan bersama ayam tangkap. Saat ayam tangkap masih hangat, dedaunan ini  bisa menjadi lalapan kering yang nikmat dan menyegarkan.

Ayam tangkap bisa kamu jumpai di hampir semua rumah makan yang menyajikan masakan Aceh. Harga yang ditawarkan juga relatif murah, cuma Rp. 50.000 untuk tiap porsinya.

Pada satu porsi ayam tangkap, kamu akan mendapati satu ekor ayam yang telah di potong-potong dan diolah menjadi ayam tangkap lezat, sajian visual tampak dalam foto dan video netizen yang di posting ke instagram, berikut ini:

View this post on Instagram

Judulnya Ayam Tangkap Aceh … resep dari chef @rudychoirudin di kanal youtube nya @rasasayange ❤ Baru pertama kali mencoba 😉 Bahan untuk mengungkep ayam : 1/2 ekor ayam 400ml air kelapa 1/2 sdt ketumbar bubuk 1/2 sdt kunyit bubuk 1/4 sdt lada bubuk Garam secukupnya Gula secukupnya Kaldu ayam bubuk secukupnya Bahan yg dihaluskan untk mengungkep ayam : 5 siung baqang putih 3 buah bawang merah 3 ruas jahe Bahan lainnya : 3 lembar daun pandan potong2 tebal 3 siung bawang putih potong2 tebal 5 buah bawang merah potong2 tebal 6 buah cabe rawit merah potong2 tebal 4 buah cabe keriting hijau potong2 serong 5 tangkai daun kari Cara membuat : Ungkep ayam dng bahan2 ungkep diatas plus bahan yg dihaluskan dengan api kecil. Ungkep hingga air kelapa berkurang (hingga ayam empuk) Setelah itu siapkan penggorengan yg agak cekung. Panaskan minyak.. goreng semua ayam sekaligus. Setelah agak kekuningan..tambahkan sisa air ungkepan ke penggorengan sedikit sedikit ( gak usah sampai habis air sisa ungkepannya.. cukup 2 sendok sayur saja) Sambil diaduk2. Setelah itu berturut turut masukkan : Bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai hijau keriting, daun pandan dan daun kari ke dalam wajan. Aduk2 hingga dirasa cukup matang daun2 dan bahan lainnya. Lalu tiriskan semua nya.. dan hidangkan 💕❤😊 @berbagiresep #masakanindonesia #ayamtangkap #ayamtangkapaceh #foodphotography #foodporn #dapurkumnyoman #berbagiresep

A post shared by sita haryawan (@kum_sita) on

(Bahrul/Ridwan)