Sate Matang, Sate Kaya Rempah dari Aceh

SATE MATANG, PARIWISATA INDONESIA

Sekilas memang terdengar menggelitik. Bagaimana tidak, sate ini disebut dengan sate matang. Kita tentu tahu, semua sate di daerah manapun pasti menyajikan sate dalam kondisi yang matang, bukannya mentah.

Baca Juga:  Kuah Pliek u, Kekayaan Alam Aceh dalam Satu Mangkuk!

Penamaan sate ini bukan karena ia disajikan dalam kondisi matang, namun berasal dari tempat pertama kali sate ini di jual. Sate matang pertama kali diperkenalkan oleh penjualnya di kampung Matang Geulempang Dua, sebuah kecamatan di kabupaten Bireuen. Provinsi Aceh.

Sate Matang adalah sate kambing yang sebelum di bakar, daging-daging yang akan ditusuk harus melewati proses perendaman menggunakan bumbu khas Matang, hal ini bertujuan agar bumbu makin meresap sampai ke dalam.

Baca Juga:  Pergi ke Aceh, Kamu Harus Coba 3 Kuliner ini!

Cocok dihidangkan bersama kuah soto dari kaldu kambing. Rasa kuah yang mirip dengan kuah kari, membuat sate matang semakin gurih dan membikin lidah bergoyang.

Meski sate matang adalah kuliner khas Aceh, namun karena rasanya yang lezat dan istimewa, sate matang kini mulai menjamur di seluruh wilayah Aceh dan Medan, bahkan di Jakarta kita bisa menjumpai di daerah Bendungan Hilir.

Khas rasanya, kaya dengan bumbu rempah-rempah. Salah satu kuliner Aceh paling favorit, pastinya menggoda selera. Redaksi memberikan tiga visual menu Sate Matang khas Aceh dalam jepretan foto-foto di bawah ini!

Dikutip dari situs cookpad.com, kuliner ini bahan-bahannya adalah:
500 gram daging kambing dipotong kotak-kotak

Bumbu halus:
1 Sdt ketumbar
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah kemiri
3 iris Lengkuas
2 buah serai, ambil putihnya saja
2 cm kunyit
secukupnya Daun pepaya
Tusuk sate secukupnya
secukupnya Minyak goreng
secukupnya Kecap
secukupnya Garam
secukupnya Margarin

Pelengkap:
Daun bawang
Jeruk nipis

Langkah:
Siapkan daging yg sudah dibersihkan, bungkus dengan daun pepaya diamkan lebih kurang 60 menit, agar terasa empuk.

Siapkan bumbu halus, Tumis bumbu sampai harum masukkan daging, masak sebentar sambil diaduk2 sampai bumbu meresap dlm daging. Sisihkan, siapkan tusukan.

Baca Juga:  Pariwisata Aceh dalam Foto dan Video

Tusukkan daging, dan siap dibakar, sy bakar dgn happycall, klo bakar dengan arang lebih mantap lagi, dibakar sambil diolesin margarin(minyak) dan kecap, selesai sajikan dengan bumbu kacang dan kuah.

Saksikan dari layar video di channel youtube Muhammad Hanif Hasballah, jangan lupa subscribe!

(Bahrul/Ridwan)