Berbahan Dasar Pisang

5 Oleh-oleh Khas Lumajang yang Harus dibawa Pulang
Oleh-oleh khas lumajang, Keripik Pisang Lumajang, Kuliner Terkenal Kota Luamajang, Makanan Khas Favorit Lumajang, Pariwisata Indonesia, Media PVK, Pariwissata Indonesia, PVK Group, Umi Kalsum, Berita kuliner, kuliner nusantara, cari kuliner indonesia, kuliner nusantara

Pulang liburan tanpa oleh-oleh rasanya bagai sayur tanpa garam, ya, Sobat Pariwisata. Nah, kalau sedang berlibur ke Lumajang, ada beberapa oleh-oleh khas yang bisa jadi rekomendasi untuk dibeli. Terkenal dengan julukan sebagai Kota Pisang, Lumajang punya oleh-oleh khas berbahan dasar pisang yang bisa kamu bawa pulang. Berikut kelima daftarnya:

1. Keripik Pisang

Makanan garing ini memang cocok banget sebagai camilan di setiap suasana. Tekstur yang renyah dengan varian rasa manis dan asin bisa menemani waktu kumpul bareng keluarga dan rekan-rekan. Beberapa keripik pisang yang terkenal di Lumajang adalah Keripik Kirana, Keripik Pisang Oven, dan Keripik Pisang Madu. Sobat Pariwisata bisa menemukannya di pusat oleh-oleh khas Lumajang.

2. Sale Pisang

Olahan pisang berwarna hitam ini memang terkenal dengan rasanya yang legit. Pisang yang diolah dengan cara dijemur atau dioven ini, menjadi salah satu oleh-oleh yang diincar para wisatawan. Sale pisang khas Lumajang tersedia dengan dua varian, sale basah dan sale kering. Bahkan beberapa merk tertentu menyediakan sale pisang dengan balutan tepung kriuk dan bentuk yang kecil-kecil, sehingga lebih mudah disantap dan tidak mengotori tangan.

3. Strudel Pisang

Jika di Austria dan Jerman strudel memiliki isian keju atau apel, maka di Lumajang isian itu sedikit berbeda. Pisang dan cokelat, kemudian berselimut kulit pastry dan ditaburi keju, rasanya sungguh legit dan lumer di mulut. Kelezatan strudel khas Lumajang sudah terkenal bahkan penjualannya tembus hingga kota-kota besar seperti Denpasar, Surabaya, dan Jakarta. Sobat Pariwisata tidak boleh melewatkan produk satu ini sebagai buah tangan khas Lumajang.

Pariwisata Indonesia

4. Tape Pisang

Ternyata bukan hanya singkong dan ketan saja yang bisa dibuat tape. Di Lumajang, pisang pun bisa difermentasikan dan menjadi tape pisang. Selain unik, tape pisang Lumajang juga tersedia dalam berbagai varian rasa seperti cokelat, strawberry, dan sebagainya. Wah, penasaran nggak gimana rasanya?

5. Pisang Agung Semeru

Jika ingin membawa oleh-oleh yang belum diolah, Sobat Pariwisata bisa memilih Pisang Agung Semeru. Pisang jenis ini memang banyak tumbuh di Lumajang. Selain rasanya yang manis, ukurannya juga bisa 2 hingga 3 kali lebih besar dari pisang biasa. Satu lagi yang penting, kandungan nutrisi dalam pisang ini disebut-sebut mengalahkan nutrisi pada pisang popular di dunia, loh!

Itulah 5 oleh-oleh berbahan dasar pisang yang bisa Sobat Pariwisata beli saat berlibur ke Lumajang. Jangan lupa untuk dibagi ke sanak-saudara dan kawan-kawan, ya! (Nita/RPI)