Nasi Minyak Khas Palembang

Kuliner Yang Hanya Dihidangkan Untuk Sultan
foto: southsumatratourism.com

PariwisataIndonesia.id – Sobat Pariwisata, Palembang selain memiliki kuliner khas yang sudah nggak asing lagi, sebut saja Pempek. Kota ini juga memiliki kuliner khas yang sobat harus tahu! Dikenal dengan sebutan Nasi Minyak. Yuk, ditelusuri kuliner yang satu ini!

Pariwisata Indonesia
foto: id.wikipedia.org

Nasi minyak ini mirip dengan nasi kebuli, nasi biryani atau nasi kuning, hanya pada pengolahan dan bumbunya sedikit berbeda dan tentu rasanya juga berbeda loh! Sesuai dengan namanya yang pasti nasi ini berminyak.

Hidangan ini menggunakan minyak samin sebagai penambah rasa, dengan bumbu rempah-rempah khas Nusantara serta Timur Tengah.  Kuliner ini memiliki aroma yang lebih lembut dari pada nasi biryani dan warna yang lebih gelap dari nasi kuning ya Sobat Pariwisata!

Kuliner ini memiliki cerita tersendiri loh! Konon ceritanya, Nasi Minyak bukan kuliner biasa, dahulu hidangan ini hanya disajikan pada hari Jumat. Mengapa? Pada saat itu, Sultan Palembang sering menyantap makanan ini setelah Shalat Jumat. Tidak cuma itu, Nasi Minyak juga disajikan pada acara-acara khusus seperti hajatan atau pesta yang diadakan oleh sultan.

Pada masa itu, nasi minyak termasuk makanan mewah, jadi tidak dikonsumsi untuk makanan sehari-hari. Hanya keluarga sultan atau tamu-tamu agung saja yang bisa mencicipi kenikmatan nasi minyak ini.

Kuliner ini hampir mirip dengan nasi kebuli. Bedanya, nasi minyak tidak dicampur dengan daging, melainkan lauk dagingnya disajikan secara terpisah lhoo.

Lauk yang cocok dipadukan dengan nasi minyak ini biasanya adalah Malbi, namun juga bisa dipadukan dengan lauk lainnya, seperti olahan daging ayam. Malbi adalah daging sapi yang tampilannya mirip dengan rendang Padang yang rasa rempah-rempahnya sangat kuat.

Daging malbi ini dimasak dengan cita rasa manis dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kecap dan rempah-rempah lainnya.

Penasaran dengan kuliner khas yang satu ini! Sobat Pariwisata harus mencobanya saat berkunjung atau saat liburan ke Kota Palembang ya! Atau juga bisa mencoba membuat sendiri di rumah.(Ayu)