Tergoda Kuliner Khas Maluku Utara, OMG!

Gohu Ikan,Kuliner khas Maluku Utara

Provinsi Maluku Utara dikenal destinasi wisata pantainya. Luar biasa, panorama pantai disini sungguh indah memesona. Ditambah gugusan pulau yang cantik, makin eksotik. Punya sensasi tersendiri bagi wisatawan yang datang berlibur.

Selain terkenal keindahan tadi, provinsi ini pun kaya dengan aneka kuliner khas Maluku Utara. Kuliner yang menggugah selera makan. Bikin tergoda dan kita dibuatnya lupa diri. Saking enak lupa segalanya.

Sobat pariwisata, Provinsi Maluku Utara terkenal tumpah ruah hasil lautnya. Jangan heran, bila kuliner berbahan dasar ikan, kepiting dan udang kerap dihidangkan masyarakat disini. Santapan favorit lain adalah berbahan campuran sagu jadi menu pokok. Makanan wajib keseharian.

Redaksi merangkum, 5 menu favorit yang menggugah selera, di saat berlibur ke Provinsi Maluku Utara. Ada apa aja Sobat? Yuk cari tahu!

Nasi Lapola, Pariwisata Indonesia
Nasi Lapola / (Foto: medistia.web.id)

1. Nasi Lapola

Nasi Lapola adalah salah satu kuliner yang sering dikonsumsi oleh penduduk asli Ternate. Kuliner ini jadi menu pokok. Makanan wajib setiap hari. Digemari masyarakat Maluku, Sobat pariwisata berlibur ke kota ini kudu mencobanya ya!

Bahan yang digunakan bikin Nasi Lapola, berupa parutan kelapa muda, kacang tolo, dan beras. Disarankan menyantap pas hidangan masih hangat-hangat. Terasa nikmatnya.

Biar nampol padukan lagi dengan olahan ikan teri, tongkol basah, lalapan mentah dan lauk-lauk lain. Cobain kuliner ini, nggak cuma bikin Sobat ngeces dan menggugah selera makan. Tapi makan Sobat, mau tambah-tambah terus!

Papeda
Papeda / (Foto: merahputih.com)

2. Papeda

Makanan satu ini berbahan dasar tepung sagu. Dimasak sampai mengental mirip bubur. Sajian kuliner favorit dan populer dikenal dengan makanan Papeda. Bentuknya kental. Lengket, kenyal-kenyal serupa dengan lem. Kreasi makanan yang gurih dan lezat.

Hohoho, makanan ini digemari semua wisatawan! Coba mencicipi makanan Papeda. Pasti sulit buat Sobat menolak, saking enaknya dijamin tambah lagi.

Makin terasa lengkap dipadukan menu pendamping. Nggak main santap. Tambahkan dulu varian ikan tongkol berkuah mubara, Olala, yummy!

Ada yang unik dari makanan Papeda, kebiasaan masyarakat disini menyantap dengan seruput, langsung dari mangkuk.

Sobat pariwisata kesulitan cara makan seruput? Silakan memakan dengan menggulung. Gunakan sumpit atau sendok, bergaya ala-ala Jepang.

Ikan Kuah Pala Banda
Ikan Kuah Pala Banda / (Foto: correcto.id)

3. Ikan Kuah Pala Banda

Kuliner berikutnya, Ikan Kuah Pala Banda. Makanan paling ngehits dan legendaris. Terutama aneka bumbu rempah yang dipakai. Bumbunya bikin lezat dan gurih. Terbuat dari bahan pala, rempah-rempah, merica, dan cabe.

Santap bersama nasi putih. Dimakan selagi hangat, sensasinya tiada tara. Nikmatnya makin-makin. Terasa lebih nikmat. Sangat cocok, makan Ikan Kuah Pala Banda dengan sambal cocol, sambal bekasang, dan Ulang Ulang.

Sobat beruntung jika berhasil memakan Ikan Kuah Pala Banda, dulunya, disajikan untuk hidangan tamu-tamu agung, tamu kehormatan dan tamu istimewa. Cuma untuk pejabat Belanda, dulu!

Ikan Asap
Ikan Asap / (Foto: superadventure.co.id)

4. Ikan Asap

Kuliner berikut masih dari hasil tangkapan laut, berbahan dasar ikan, akrab disebut Ikan Asap. Seperti namanya, ikan ini lebih dulu diolah sebelum disantap. Caranya diasap-asap, dibakar!

Ikan yang digunakan biasanya ikan tuna dan cakalang. Dipilihnya ikan tersebut, dagingnya lebih tahan lama ketimbang ikan laut lainnya. Diasap-asap, ikan tuna dan cakalang yang paling pas.

Melihat cara proses dalam mengolah makanan ini, Ikan Asap memberi kesan kuliner sederhana. Tapi cita rasanya begitu menggoda, menggugah selera makan. Rasanya meledak di mulut kita, mantap!

Cocok banget menu ikan asap disantap bersama nasi putih, sambal colo-colo, dan kerupuk. Ikan Asap bisa bertahan selama 7 hari. Sobat pariwisata mau bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada keluarga, teman dan kerabat? Buat di makan bersama keluarga di rumah?

Silakan simpan dalam box khusus, semacam freezer box, pls deh jangan bikin susah orang, aroma amis dari ikan ganggu orang. Biar susah sedikit tetapi nggak bikin orang lain susah karena kita.

Gatang Kenari
Gatang Kenari / (Foto: makanandimaluku.blogspot.com)

5. Gatang Kenari

Penutup dari 5 Menu Favorit Menggugah Selera, saat Sobat berlibur ke Provinsi Maluku Utara. Populer dan paling favorit namanya Gatang Kenari.

Tapi kuliner ini pun, sebagian penduduk menyebut dengan nama Ketam Kenari.

Kuliner Gatang Kenari bisa diolah kering. Diberi bumbu pedas. Bagus juga digoreng berkuah asam manis atau saus padang. Sobat saat makan ini, katanya, Mertua lewat pun sampai lupa segalanya. Oups!

Sobat pariwisata berlibur ke provinsi Maluku Utara, nggak lengkap kalau belum merasakan 5 kuliner yang disarankan redaksi. Gimana, tertarik mencoba makanan ini?