Meski Covid-19, Seniman Pensil Veri: Rezeki Ada yang Atur, Tetap Berkarya!

Karyanya mengharumkan Indonesia dan sudah Go Internasional. Penasaran? Berikut ulasannya.
Judul Lukisan: Rana In Shower Karya Veri Apriyatno

Pariwisata Indonesia–Hai Sobat Pariwisata Indonesia, ayo dong! Semangat, semangat, … “mmmaaangat!”

Jangan bersedih hati karena pemerintah kembali melarang warga untuk mudik lebaran. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum juga ngacir-ngacir di Indonesia.

Mengatasi virus bandel dan nakalnya bikin sakit kepala hingga ke ubun-ubun bukan cuma urusan pemerintah semata tapi menjadi masalah bersama.

Tak ada gunanya lagi, berbicara siapa yang salah. Kalau mau tunjuk “salah” ya semua salah kalau mau semua “benar” ya semuanya sudah melakukan yang terbaik buat bangsanya.

“Wahai pemangku kebijakan, pimpinan daerah sampai tokoh masyarakat dan warga. Memohon agar tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan ini….”

Imbauan juga tertuju, wabil khusus kepada pemuka agama dan tokoh-tokoh adat agar memberikan pemahaman bahayanya si Covid-19. Benar-benar, “ampun biyung!”

Saking sekti mandraguna untuk sebagian orang, sampai-sampai isi dompet bisa ikutan tongpes. Ajaib, Sob!

Sejatinya, malah kepala keluarga pun harus lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di rumah (lingkup terkecil.Red).

Stop untuk bertengkar, ya Sob!

Meski sudah dua kali lebaran tak “mulih-mulih”, Sobat Pariwisata tetap bisa aktif dan produktif melakukan banyak hal seperti seniman besar satu ini yang profilnya, nyantai dan rendah hati.

Sosok Veri Apriyatno adalah Putra Asli Kuningan yang mendunia, prestasinya terukir melalui bidang seni yang digelutinya. Lahir pada tanggal 12 April 1973.

Karyanya mengharumkan Indonesia dan sudah Go Internasional. Beberapa waktu yang lalu redaksi pernah mewawancarainya.

Ini sangat membanggakan dan karyanya tersebut, sudah segudang ditorehkan. Dia jebolan dari kampus ternama Institut Teknologi Bandung, Jurusan Seni Rupa, tamatan 1998.

Bakat seni yang Veri miliki, keren banget, bahkan dia memperoleh apresiasi mancanegara.

Karyanya tersebut di endorse oleh perusahaan International seperti Lacoste, Lenovo, Disney Marvel Doctor strange Movie USA dan perusahaan pensil Faber-Castle Art Academy Nuremberg Germany.

Berikut salah satu maha karyanya, sosok wanita paruh baya tampak tersenyum tulus meski kita tahu dalam penampilan si nenek, benar-benar tidak mulus lagi wajahnya.

Penampilan wanita sepuh seperti, diduga, menderita sakit. Di unggah dalam akun instagram milik Very. Ini fotonya, Sob!

Tahun lalu, dia sukses melakukan international roadshow bertema “Tour of Art” di Sant‘ Angelo, Vado, Itali.

Undangan ini berbentuk lokakarya, workshop dan pementasan seni. Setiap satu tempat yang disambangi digelar selama 5 hari.

“Alhamdulillah saya bersyukur bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam berkarya di bidang seni lukis dan gambar kepada publik baik di dalam maupun di luar negeri, yang dapat bermanfaat dan memberikan pencerahan tentang seni lukis (gambar) sekaligus bisa membawa nama harum Indonesia ke dunia luar,” katanya.

Tak cuma itu, sambil tersipu-sipu, dia mengisahkan perjalanan ini membuatnya bisa menikmati keindahan alam, makanan dan budaya-budaya Itali.

Terungkap dalam ceritanya, bahwa acara yang dihelatnya tersebut, kerja sama dengan salah satu perusahaan perjalanan International, Italianatours.

Kegiatan digelar sejak 6 Juli 2020, dan terus berlanjut ke beberapa Negara di Eropa, termasuk Amerika.

Dia mengungkapkan perasaan bangga menjadi anak Indonesia. Mereka memuji-muji bangsa ini. Kenang Very, banyak orang barat mengagumi Bali, Papua-Raja Ampat dan Pulau Komodo.

Dia menilai, orang saja terkagum-kagum dengan bangsa kita. Oleh karena itu, dia mengimbau merawat negeri ini dengan kerukunan dan budaya ketimuran Indonesia. “Itu, jangan sampai hilang dari bangsa ini!”

Keramahtamahan dan kebhinnekaan Indonesia juga menjadi topik yang mereka tanya-tanya. Dari tangan dan bakat Very tersebut, dia bisa pergi melanglang buana. Asik dan seru, bukan?

Nah, Sob!

Kalau sudah hobby lukis, teruskan dan tak usah khawatir soal rezeki. Isi dompet dan perjalanan hidup, masa depan bukan kita yang takdirkan.

Semua itu, katanya Very, sudah ada yang Maha Mengatur, Sob!

Pesan untuk teman-teman yang masih mencari jati diri, jangan lelah berkarya meski pandemi Covid-19, “Pls deeeh!”

Musibah ini tak boleh patah arang apalagi surut langkah menggapai mimpi. Teruskan dan lanjutkeeen oret-oretan kamu, Sob!

Berikut video sempurna dari channel YouTube Veri Apriyatno. Siapa saja bisa memberikan komentar atas lukisan berjudul “Rana In Shower” tapi makna sesungguhnya, cuma dia sendiri dan Tuhan yang mengerti. Nonton, yuk!

Benarkah ada air mata di balik guyuran deras ke kepala sang putri? (RajaPitu/Eh)

Sumber Foto Headline: Instagram@veriapriyatno.