Petrus yang Dulunya Pentolan Reserse, Jadi Orang No 1 di BNN RI: Saya Ibarat Konduktor War On Drugs di Tanah Air Ini…

Pariwisata Indonesia, War On Drugs, Foto Petrus Golose
Closing ceremony “Bandung Choral Festival” ditutup Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose, yang ditandai dengan melakukan pemukulan gendang di Auditorium PPAG, Universitas Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Kamis, 31 Maret 2022. (Foto: Media PI/Ist)

PariwisataIndonesia.ID – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, Komjen. Pol. Petrus Reinhard Golose berpendapat, amanah yang diterimanya tak ubahnya seperti konduktor.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNN RI, Petrus Golose saat menutup kegiatan Bandung Choral Festival (BCF), yang ditandai dengan secara simbolis melakukan pemukulan gendang di Auditorium PPAG, Universitas Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Kamis, 31 Maret 2022.

Petrus Golose menyebut, tanggung jawabnya sebagai senapati di lingkungan yang dipimpinnya, mesti mengawaki seluruh elemen bangsa untuk menyatakan perang melawan narkoba, sebagaimana jargon BNN RI “War On Drugs”.

“Saya adalah conductor untuk semua orang yang di ruangan ini dan semua elemen bangsa ini untuk bersama melawan narkoba,” kata Petrus Golose, dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip kembali redaksi media online Pariwisata Indonesia (PI), Senin (4/4/2022).

Tak sebatas itu saja, menurutnya, slogan tersebut juga tertuang dalam lagu mars BNN RI, bahwa narkoba adalah musuh negara.

Untuk itu, kata Petrus, narkoba wajib untuk diperangi bersama-sama dengan melibatkan seluruh elemen bangsa di mana Kepala BNN RI mendapat amanat yang begitu besar, dari tongkat komandonya ini, ia diberi kewenangan penuh untuk memberikan arahan dan memimpin di dalam perang melawan narkorba.

Di kesempatan tersebut, mantan Kapolda Bali ini juga melaporkan, berbagai langkah strategis telah pula dilakukannya.

Dalam upanya mengakselerasikan program P4GN (adalah Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika), pihaknya juga memaksimalkan pendekatan soft power (kekuatan lunak/lembut, red).

Kemudian, menyoroti kegiatan “Sing Against Drugs dalam Bandung Choral Festival” yang digelar beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, tak lain dari upaya soft power yang sudah dicanangkannya sejak dirinya dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, pada Rabu, 23 Desember 2022, menggantikan pemimpin sebelumnya karena purnatugas, yakni Komjen Heru Winarko.

Masih di momen itu, Petrus Golose menilai, penyelenggaraan kompetisi di mana lagu mars BNN RI menjadi lagu wajib yang harus dinyanyikan seluruh peserta yang diperkirakaan mencapai lebih dari 1000 orang.

Petrus mengungkapkan, makna di balik mars BNN tersebut, katanya, mereka itu secara sukarela dan sadar bertindak untuk dirinya, keluarganya, lingkungannya, yang gaungnya menggema ke seluruh pelosok tanah air.

“Seluruh peserta yang berjumlah lebih dari 1000 orang tersebut telah menjadi duta-duta anti narkoba,” tulis dalam keterangan resminya itu.

Mengulik juara pada festival tersebut, paduan suara mahasiswa (PSM) Swara Wadhana dari Universitas Negeri Yogyakarta terpilih menjadi juara utamanya, yang berhasil mengalahkan 4 tim lainnya, lolos hingga ke babak grand prix.

Saat menutup kegiatan itu, dulu pentolan reserse, kini menjadi orang nomor satu di lingkungan BNN RI, yang bertugas memburu para bandar narkoba di tanah air.

Selain memberi apresiasi kesuksesan penyelenggaraan, tak luput ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan mendukung kegiatan tersebut hingga terlaksana dengan baik.

“Dengan bernyanyi kalian telah menyampaikan pesan-pesan kebangsaan, pesan anti narkoba, dan yang paling penting adalah kalian membawa pesan damai, karena hati yang damai tidak akan melakukan penyalahgunaan narkoba untuk mencari kedamaian,” kata Jenderal Bintang Tiga, lulusan Akpol 1988 itu.

Bersambung ke halaman berikutnya
Cerita Foto: Kepala BNN RI, Conductor War On Drugs

× Hubungi kami