3 Tempat Wisata Unggulan yang Ada di Sumatra Selatan

Provinsi Sumatra Selatan adalah salah satu wilayah yang kaya dengan obyek wisata yang menawan. Kota Palembang sebagai ibu kota dari provinsi ini, secara geografis memiliki banyak sumber daya alam, seperti gas alam, batu bara, minyak bumi dan masih banyak lainnya.

Kekayaan aspek geografis ini juga memberikan beragam kekayaan alam yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Tempat wisata alam ini beberapa juga tidak ditemukan di daerah lain, sehingga tidak ada ruginya bila datang ke tempat ini. Berikut beberapa wisata alam yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil di Sungai Musi yang berjarak sekitar 6-7 km dari Jembatan Ampera. Keistimewaan pulau ini adalah selalu kering walau dalam keadaan air pasang dan tetap tidak memiliki air. Sehingga pulau yang ramai dikunjungi wisatawan ini nampak seperti terapung di atas Sungai Musi.

Ikon Pulau Kemaro ialah terdapat Pagoda berlantai 9 yang tinggi menjulang di tengahnya. Pagoda tersebut dibangun pada tahun 2006, selain itu terdapat bangunan klenteng bernama Hok Tjiang Rio/Kuan Im yang dibangun sejak tahun 1962.

2. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari atau Air Terjun Ayek Asam menurut warga setempat yang bermuara ke Sungai Lematang ini berketinggian kira-kira 30 meter dan lebar 10-15 meter. Air terjun tersebut merupakan salah satu yang terunik, memiliki 7 puncak dengan 3 kolam pemandian.

Loksinya berada di desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumsel. Wisatawan bisa menempuhnya dengan kenderaan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat yang jaraknya sekitar 16 km. Setelah sampai di desa Karang Dalam, perjalanan dilakukan dengan cara berjalan kaki.

3. Taman Kambang Iwak

Konon Taman Tambang Iwak adalah salah satu jejak peninggalan Kompeni Belanda yang bertempat di kota Palembang. Tempat ini cukup favorit bagi warga kota Palembang sebagai jogging track dengan mengelilingi kolam sepanjang 815 meter.

Banyak anak muda menjadikan Taman Kambang Iwak sebagai tempat nongkrong berbagai club. Di sekitar kawasan ini juga tersedia hotspot gratis. Lokasinya yang strategis dan asri serta banyak cafe di dekatnya membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.