Aneka Rempah-rempah yang Bikin Lezat Kuliner Nusantara

sumber foto: 4muda.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Indonesia sangat kaya akan kuliner yang lezat dan nikmat serta terkenal hingga mancanegara ya Gaaees. Namun di balik kelezatannya ada peran penting dari rempah-rempah yang diracik sebagai bumbunya. Apa aja sih Gaaees? Rempah-rempah yang dipakai buat masakan jadi lebih lezat dan nikmat, yuk simak Gaaees:

sumber foto: lifebrown.com

Jahe

Jahe terkenal dengan efeknya yang menghangatkan tubuh, karena rasanya yang pedas. Selain sebagai penyedap rasa masakan, jahe juga terkenal sebagai bahan dasar minuman penghangat tubuh. Khasiatnya yang mampu menghangatkan ini menjadikannya sebagai primadona di Eropa. Jahe kerap diolah menjadi campuran makanan, minuman, dan jamu. Selain menghangatkan, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mual-mual pada ibu hamil lhoo.

Kapulaga

Kalau yang satu ini umum ditemukan pada makanan kari dan gulai ya Gaaees. Kapulaga merupakan jenis buah yang mempunyai rasa pedas dan aroma kuat. Selain jadi bumbu penyedap masakan, kapulaga juga umum digunakan dalam pembuatan jamu dan juga kue. Kamu juga bisa menggunakannya untuk meringankan sakit perut hingga batuk ya Gaaees.

Kunyit

Kamu sudah pasti familiar dengan rempah-rempah berwarna kuning ini kan Gaaees? Kunyit sering digunakan sebagai pewarna alami makanan karena warnanya yang khas. Selain sebagai bumbu masak dan pewarna alami makanan, khasiat kunyit juga bisa kamu rasakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Serai

Serai atau sereh biasa digunakan untuk mengharumkan makanan. Tumbuhan yang berasal dari jenis rumput-rumputan ini biasanya digunakan bersamaan dengan bahan makanan lainnya untuk memperkaya rasa. Serai mempunyai beberapa khasiat, seperti menurunkan tekanan darah, mengobati gangguan pencernaan, mencegah penyakit kanker, dan memperhalus kulit. Karena mengandung Sitronela, serai juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk lhoo Gaaees.

Cengkih

Cengkih atau cengkeh merupakan rempah-rempah asal Maluku dan Ambon. Dikenal bernilai mahal saat era penjajahan Eropa, rempah yang memiliki aroma dan rasa yang agak pedas ini nggak hanya digunakan pada masakan. Cengkih juga kerap dimanfaatkan sebagai obat alergi teradap dingin dan penguat aroma pada pembuatan kue. Konon ceritanya Cengkih disebut-sebut sebagai rempah-rempah paling tua di dunia loh Gaaees. Karena cengkih telah digunakan sejak ribuan tahun sebelum masehi Gaaees.

Lada

Sering dikenal juga dengan sebutan merica, rempah yang satu ini banyak dihasilkan di daerah Lampung dan Bangka. Tahu gak Gaaees, kalau Indonesia adalah negara penghasil lada terbesar kedua di dunia lhoo. Selain untuk bumbu masakan, lada juga dapat digunakan sebagai obat flu dan masuk angin, serta untuk menghangatkan tubuh karena cita rasanya yang pedas dan aromanya yang kuat.

Pala

Rempah yang kerap digunakan untuk membuat semur ini diambil dari tanaman pala, yang mana buahnya biasa diolah menjadi manisan, sedangkan bijinya diolah menjadi penyedap rasa. Selain sudah pasti menghangatkan, pala bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh. Nggak cukup sampai situ, kamu juga bisa mengandalkan rempah-rempah yang satu ini untuk mengatasi insomnia, pusing kepala, mual dan maag, hingga menghilangkan noda dan jerawat lhoo Gaaees!

Ketumbar

Rempah yang satu ini mempunyai kemiripan bentuknya dengan lada, ketumbar bisa ditemukan pada perkebunan daerah dataran rendah dan pegunungan. Ketumbar terkenal digunakan sebagai penyedap masakan dan obat. Siapa sangka ketumbar bisa loh diandalkan untuk mengobati penyakit kulit, merangsang pertumbuhan rambut, hingga menghindari siklus menstrusi yang nggak normal Gaaees.

Bunga lawang

Bunga lawang juga dikenal dengan nama pekak, mempunyai rasa yang tajam. Rempah-rempah yang satu ini populer digunakan pada masakan Aceh, Padang, Jawa, hingga Bali. Selain jadi penyedap rasa, bunga lawang juga bisa kamu gunakan jika kamu mengalami gangguan pencernaan, saluran kencing, hingga pada persendian.

Kemiri

Kemiri punya rasa gurih yang khas yang juga bisa diolah menjadi minyak. Karena rasanya, kemiri sering digunakan sebagai pengganti santan dan sayuran pada masakan. Manfaat lain dari kemiri yaitu dapat digunakan sebagai obat sariawan dan nyeri akibat sakit gigi lhoo Gaaees.

Itulah beberapa rempah-rempah asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu yang menambah kelezatan dari berbagai kuliner Indonesia serta bisa sebagai obat-obatan herbal lhoo Gaaees. Semoga bermanfaat ya Gaaees!

#LawanCorona #JagaKesehatan #JanganPanik

#PariwisataIndonesia #CintaIndonesia