PariwisataIndonesia.ID – Nestle Indonesia menghadirkan inovasi dalam hal teknologi digital untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya dari sektor makanan dan minuman agar bisa melakukan pemasaran produk- produknya secara kreatif.
Dalam keterangannya, menyampaikan yang dimaksud tentang inovasi itu ialah “Nestle Secret Recipe BOT” merupakan sebuah platform yang berada di aplikasi WhatsApp dengan memanfaatkan fitur chatbot.
Saat pelaku UMKM mengaksesnya maka manfaat yang bisa didapatkan antara lain akses kiat mengambil foto produk yang apik hingga penulisan ‘caption’ ciamik, penyediaan template, background, hingga jenis tulisan menarik untuk melakukan pemasaran kreatif.
“Sebagai perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun di Indonesia, Nestlé senantiasa berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia, termasuk dalam hal mendukung pergerakan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Oleh sebab itu, Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Meta untuk membantu para pelaku usaha dalam membuat konten yang menarik dan meningkatkan usaha mereka selama bulan Ramadhan,” kata Presiden Direktur (Presdir) Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).
Hal tersebut, berkat hasil kolaborasi dengan perusahaan teknologi Meta, “Nestle Secret Recipe BOT” dipastikan bisa diakses oleh semua pelaku UMKM di Tanah Air.
Bahkan, kata Presdir Nestlé Indonesia, akses menuju layanan tersebut tak terbatas dan bisa mencakup semua kalangan UMKM.


Mencermati hal itu, berikut langkah- langkah dalam menggunakan layanan pemasaran kreatif ini.
- Pengguna menentukan makanan yang akan dipromosikan dengan menggunakan produk Nestlé, di antaranya maggi, carnation, kitkat, nescafe, dan dark chocolate daro Nestle Professional.
- Pengguna mengakses BOT melalui https://wa.me/+6281211635611
- Pengguna memilih templateyang tersedia dalam BOT
- Pengguna akan diberikan arahan mengambil foto/video yang baik dan benar
- Setelah itu, pengguna cukup mengunggah foto/video yang telah diambil menggunakan template yang telah dipilih. Pengguna juga dapat memilih background dan menambahkan teks di dalamnya.
- Pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa konten foto/video siap untuk di-downloaddan dipublikasikan di media sosial.
Selain mendapatkan arahan dalam pembuatan konten digital, pelaku UMKM dengan karya promosi terbaik juga mendapat keuntungan yaitu pemanfaatan iklan yang didapatkan secara gratis, sehingga konten bisa semakin tersebar secara luas.
Sementara itu, untuk periode waktu penggunaan fitur Nestlé Secret Recipe BOT, sudah berlangsung sejak tanggal 18 April – 18 Mei 2022.
“Kami merasa sangat bangga bisa melakukan kolaborasi perdana dengan Meta di Indonesia, terutama untuk mendukung UMKM dalam hal pemanfaatan digital dalam bisnis dan usahanya. Harapannya, program ini dapat memperkuat eksistensi produk-produk UMKM serta semakin memperkuat kontribusinya dalam pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.
Di kesempatan yang sama, Country Director, Meta di Indonesia, Pieter Lydian mengapresiasi dan mendukung upaya yang dilakukan Nestle Indonesia dengan mendorong digitalisasi UMKM di tanah air.
“Kami sangat senang dapat mendukung inisiatif dari Nestlé Indonesia untuk membantu digitalisasi UMKM melalui Nestlé Secret Recipe BOT di aplikasi WhatsApp,” ucapnya.
Editor: Nita Lestari
Leave a Reply