Mengenal Lambang Daerah Provinsi Banten, Ini Maknanya

umi kalsum founder dan ceo media pvk grup,BERITA PEMPROV BANTEN,GUBERNUR PROVINSI BANTEN WAHIDIN HALIM,HUMAS PEMPROV BANTEN,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,MENGENAL LAMBANG DAERAH PROVINSI BANTEN,PARIWISATA DI PROVINSI BANTEN,PARIWISATA INDONESIA,WAKIL GUBERNUR PROVINSI BANTEN ANDIKA HAZRUMY
Lambang Daerah Provinsi Banten

PariwisataIndonesia.ID – Keindahan alam Indonesia sanggup menghipnotis dan memukau siapa pun yang berkunjung. Dijamin terpesona! Bangsa ini sungguh luar biasa pesonanya, memancarkan kecantikan sejati.

Betapa seru, jika Anda bisa menjelajahi semua Pulau yang tersebar di Indonesia, dan itu bukan sebuah mimpi. Mengapa tidak mencoba menikmati pesona indah alam Indonesia ini, keren loh!

Namun, sebelum menyambangi kepulauan yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Yuk mengenal Lambang Daerah dari 34 Provinsi dan memahami artinya, salah satunya Lambang Daerah Provinsi Banten.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Banten, menjelaskan rincian yang termuat pada lambang resmi pemerintahannya, termasuk artinya, serta mengajak pembaca www.pariwisataindonesia,id untuk mengenal lebih dekat siapa nama Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Banten.

Redaksi PariwisataIndonesia.ID melansir dari situs Website Resmi Provinsi Banten untuk mengungkapkan filosofis makna dari Lambang Daerah tersebut. Berikut penjelasannya:

Rincian “ikon/simbol” yang terdapat di Lambang Daerah Provinsi Banten

  1. Kubah Mesjid, melambangkan kultur masyarakat yang agamais;
  2. Bintang bersudut lima, melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa;
  3. Menara Mesjid Agung Banten, melambangkan semangat tinggi, yang berpedoman pada petunjuk Allah SWT;
  4. Gapura Kaibon, melambangkan Daerah Propinsi Banten sebagai pintu gerbang peradaban dunia, perekonomian dan lalu lintas internasional menuju era globalisasi;
  5. Padi berwarna kuning berjumlah 17 dan kapas berwarna putih berjumlah 8 tangkai, 4 kelopak berwana coklat, 5 kuntum bunga melambangkan Provinsi Banten merupakan daerah agraris, cukup sandang pangan juga sekaligus memaknai tanggal: 17-8-45 menunjukkan Proklamasi Republik Indonesia;
  6. Gunung berwarna hitam, melambangkan kekayaan alam dan menunjukkan dataran rendah serta pegunungan;
  7. Badak bercula satu, melambangkan masyarakat yang pantang menyerah dalam menegakkan kebenaran dan dilindungi oleh hukum;
  8. Roda gerigi berwarna abu-abu berjumlah 10, menunjukkan orientasi semangat kerja pembangunan dan sektor industri;
  9. Laut berwarna biru, dengan gelombang putih berjumlah 17 melambangkan daerah maritim, kaya dengan potensi lautnya;
  10. Dua garis marka berwarna putih, menunjukkan landasan pacu Bandara Soekarno Hatta;
  11. Lampu bulatan kuning, melambangkan pemacu semangat mencapai cita-cita.
    Pita berwarna kuning, melambangkan ikatan persatuan dan kesatuan masyarakat Banten;
  12. Semboyan “IMAN TAQWA” sebagai landasan pembangunan menuju Banten Mandiri, Maju dan Sejahtera.

Arti “warna” yang digunakan di Lambang Daerah Provinsi Banten

  1. Coklat : melambangkan kemakmuran;
  2. Hijau : melambangkan kesuburan;
  3. Biru : melambangkan kejernihan, kedamaian dan ketenangan;
  4. Abu-abu : melambangkan ketabahan;
  5. Hitam : melambangkan keteguhan, kekuatan dan ketabahan hati;
  6. Kuning : melambangkan kemuliaan, lambang kejayaan dan keluhuran;
  7. Putih : melambangkan suci, arif dan bijaksana;
  8. Merah : melambangkan keberanian

Profil Pimpinan Pemprov Banten

Dr. Drs. H. Wahidin Halim, M.Si., lahir di Pinang, Tangerang, Banten, Sabtu, 14 Agustus 1954 adalah seorang pengusaha Indonesia dan politisi Partai Demokrat yang menjabat sebagai Gubernur Pemprov Banten.

H. Andika Hazrumy, S.Sos., M.A.P., lahir di Bandung, Jawa Barat, Senin, 16 Desember 1985 adalah Wakil Gubernur Provinsi Banten.

Keduanya dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat, 12 Mei 2017 untuk masa jabatan 2017-2022.

Setelah memahami Lambang Pemprov Banten dan sudah mengerti artinya. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Pemprov Banten? (Ayu)