Mensos Risma Galang Potensi Masyarakat, Sinergitas Kemensos-Karang Taruna Salurkan Paket Masker dan Vitamin ke 514 Daerah

UMI KALSUM FOUNDER DAN CEO MEDIA PVK GROUP,KARANG TARUNA,MENTERI SOSIAL TRI RISMAHARINI,PARIWISATA INDONESIA, KEMENSOS
Keterangan foto: Aktivitas Penyaluran Paket Masker dan Vitamin ke 514 Daerah (Dok.Humas Kemensos)

PariwisataIndonesia.id – Kementerian Sosial (Kemensos) memulai pengemasan paket berisi masker dan vitamin bagi masyarakat kurang mampu di 514 kabupaten dan kota di tanah air. Kemensos bermitra dengan Karang Taruna sebagai penyalur.

Dalam keterangan tertulisnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyatakan penanganan pembangunan kesejahteraan sosial, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, termasuk dalam penanggulangan pandemi. Kemitraan dan sinergi dengan potensi masyarakat sangat membantu.

“Tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19, melainkan perlu melibatkan pilar-pilar sosial seperti Karang Taruna dan Pekerja Sosial Masyarakat yang memiliki jaringan hingga tingkat RT dan RW. Sinergi dengan berbagai elemen masyarakat penting mempercepat penanganan pandemi,” kata Risma, kutip Redaksi Pariwisata Indonesia, Selasa (3/8).

Mensos mengingatkan, bahwa Indonesia memiliki kekuatan maha dahsyat kendati bangsa yang majemuk berbeda agama, suku, bahasa dan adat istiadat, tapi teruji oleh para pejuang dalam merebut dan mempertahankankan kemerdekaan yaitu semangat gotong royong. Begitu pula dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Dari setiap paket yang dikemas dalam goodie bag itu berisi sebanyak 7 lembar masker dan vitamin. Juga, saat proses pengemasan menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan sarung tangan serta menjaga jarak sehingga terjamin higienis.

Pada Senin (2/8) kemarin, sebanyak 15 personel Karang Taruna dari Kecamatan Senen Jakarta Pusat dan 15 PSM Jakarta Utara mulai melakukan pengepakan paket yang berisi masker dan vitamin di Gedung Aneka Bhakti (GAB), di Kompleks Kementerian Sosial.

“Setiap karang taruna di 514 kabupaten dan kota akan menerima sebanyak 1000 paket lalu dibagi per kecamatan untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat tidak mampu sebagai bagian dari upaya penanganan pandemi Covid-19,” kata Plt Sekretaris Dirjen Pemberdayaan Sosial Laoude Taufik Nuryadin.

Pendistribusian paket masker dan vitamin oleh Karang Taruna, juga sebagai respon dari beberapa kunjungan Mensos ke berbagai daerah.

Saat sebagian warga ditanya Mensos kenapa tidak memakai masker dan mereka menjawab tidak punya masker. Maka Mensos pun merespon dengan cepat dengan melakukan pendistribusian masker dan vitamin melalui Karang Taruna agar masyarakat memakai masker dan menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi vitamin.

“Diakui upaya ini belum bisa memenuhi semua kebutuhan masker dan vitamin. Tapi setidaknya langkah kecil ini menggugah kepedulian masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik sehingga penyebaran pandemi Covid-19 terus bisa dikendalikan,” katanya. (Beben)