Menteri Johnny: Tingginya Antusiasme Masyarakat Mudik Lebaran 2022 Jaga Prokes, Jadi Langkah Awal Menuju Endemi

Pariwisata-Indonesia
Menkominfo Johnny G. Plate (Foto: Media PI/Ist)

PariwisataIndonesia.IDMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, menilai Ramadan dan perayaan Idulfitri tahun ini sangat penting bagi warga Indonesia.

Dibuktikan dari tingginya antusiasme masyarakat saat Mudik Lebaran 2022, yang tersebar merata di semua kota di Indonesia.

Menkominfo Johnny G. Plate, selain memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat dalam bersilaturahmi dengan keluarga, yang selama perjalanan mudik tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes).

Di sisi lain, juga menegaskan soal perilaku masyarakat yang disiplin menjaga Prokes pada mudik Lebaran tahun ini bisa menjadi langkah awal bagi Indonesia beralih dari pandemi ke endemi COVID-19.

“Saya tentu berharap mudik kali ini menjadi indikator penting Indonesia berhasil mengendalikan pandemi dan sebagai awal dari pengakhiran pandemi,” ujar Menkominfo, dalam siaran persnya, pada Selasa (10/5/2022).

Di sela-sela acara silaturahmi yang dirajut dalam bingkai halal bihalal, Menkominfo juga mengucapkan selamat Idulfitri 1443 Hijriah bagi seluruh jajaran di lingkungan kementerian yang dinahkodainya.

“Saya ucapkan Selamat Idulfitri 1443 Hijriah kepada segenap keluarga besar Kementerian Kominfo. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya.

Lebih lanjut, katanya, “ini juga menjadi indikator awal dari kita menuju situasi lingkungan endemi COVID-19 di Indonesia dan di dunia,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadiri Sekretaris Jenderal Kemkominfo, Mira Tayyiba, yang menyampaikan halal bihalal ini sesungguhnya sejalan dengan salah satu tugas Kemkominfo, yakni connect the unconnected. Namun, menurutnya, penyediaan akses internet saja tidak cukup.

“Kita harus mengambil beberapa langkah lebih maju seperti meningkatkan literasi dan kecakapan digital, serta menjaga ruang digital dari hoaks dan konten negatif demi mewujudkan pemanfaatan teknologi digital yang tidak saja inklusif tetapi juga lebih produktif dan lebih bermakna,” tandasnya.

Mira juga mengharapkan, melalui semangat silaturahmi ini dapat pula menjadi energi dalam menyelesaikan program kerja Kemkominfo.

Semoga, tercipta pula energi positif dengan perasaan riang usai berkumpul bersama keluarga di Idulfitri, yang selanjutnya dapat terus dibawa dalam lingkungan kerja guna menyelesaikan rencana dan program kerja yang sudah ditargetkan. (Alex)