Pemprov DKI Raih Penghargaan AICTA 2021 atas Inovasi JAKI, Gubernur Anies: Terwujud Berkat Kolaborasi

Pariwisata-Indonesia-Foto.Pemprov-DKI-Raih-Penghargaan-AICTA-2021

PARIWISATAINDONESIA.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menerima penghargaan ASEAN ICT Awards (AICTA) 2021 atas inovasi aplikasi Jakarta Kini (JAKI) untuk kategori Public Sector (Sektor Publik). Final AICTA 2021 diselenggarakan pada 14-15 Desember 2021.

Inovasi JAKI dipaparkan oleh Kepala BLUD Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha yang berhasil memukau dewan juri yang terdiri dari sepuluh anggota masing-masing negara ASEAN, serta dua juri independen dari Jepang dan China. Hasil final diumumkan pada 28 Januari 2022 dan dirilis di laman https://aseanictaward.com/news.html.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi atas penyelenggaraan medali emas pada kompetisi yang telah berhasil mengalahkan Singapura dan Kamboja dalam final AICTA 2021.

“Kesuksesan JAKI tidak akan terwujud tanpa partisipasi dari kolaborator-kolaborator kami, seluruh jajaran Perangkat Daerah, dan warga Jakarta yang terus berupaya menciptakan inovasi untuk menyediakan aksesibilitas layanan dan informasi publik melalui integrasi dan kolaborasi,” kata Anies di Balai Kota, Sabtu (29/1/2022).

Seremoni Pengumuman AICTA dibuka oleh Menteri Transportasi dan Komunikasi Myanmar, Admiral Tin Aung San. Dalam sambutannya sebagai tuan rumah pada Jumat (28/1) kemarin, ia mengatakan ASEAN ICT Awards telah diselenggarakan sebagai acara tahunan sejak 2012 sebagai pengakuan atas prestasi terbaik oleh pengusaha.

“Terlepas dari tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi, saya melihat bahwa 95 tim dari semua negara anggota ASEAN berpartisipasi dalam acara kemenangan tahun ini,” kata Admiral.

Sementara itu, Shita Laksmi, salah satu juri IdenTIK 2020 dan ASEAN ICT Awards 2021 mengatakan sektor publik merupakan kategori yang menawarkan inovasi teknologi informasi yang dilakukan oleh organisasi pemerintah untuk menyediakan layanan publik yang efisien.

Sebelumnya, beberapa negara lain pernah memenangkan kategori ini. Pada 2019, tiga peringkat teratas secara berurutan diraih oleh Pajak Jalan (Laos), Lab IMDA Beroda (Singapura), serta Gerbang Orang Tua (Singapura).

Bersambung ke halaman berikutnya
Indonesia belum pernah dapat emas untuk Sektor Publik .. “

× Hubungi kami