Rakernas APPSI 2022 Digelar di Pulau Dewata, Dijadwalkan Akan Dibuka Wapres Ma’ruf Amin

Pariwisata Indonesia
Wapres Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin bertolak ke Pulau Dewata terkait Rakernas APPSI 2022 yang berlangsung di Bali, mulai tanggal 9-11 Mei 2022. (Foto: Media PI/Dok-BPMI Setwapres)

PariwisataIndonesia.ID, Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin siang tadi bertolak ke Pulau Dewata, menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU yang lepas landas pukul 14.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Senin (9/5/2022).

Dalam siaran persnya, menyebut kunjungan kerja (kunker)-nya ini terkait agenda Wapres Ma’ruf Amin, yang dijadwalkan akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2022.

Selepas pesawat itu mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Ma’ruf beserta rombongan langsung disambut hangat oleh Gubernur Bali Wayan Koster dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali.

Rencananya pada malam ini, Ma’ruf Amin dan rombongan didampingi Gubernur Wayan Koster akan menuju ke Discovery Kartika Plaza Hotel, yang merupakan lokasi kegiatan Rakernas APPSI.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres akan memberikan sambutan pada Pembukaan Rakernas APPSI Tahun 2022 yang akan dimulai pukul 20.00 WITA.

Menyoroti pelaksanaan Rakernas APPSI adalah kegiatan tahunan untuk menetapkan program kerja selama 1 tahun ke depan.

Kegiatan itu merupakan forum yang memegang kewenangan tertinggi setelah Musyawarah Nasional dalam pengambilan keputusan dan penetapan Program Kerja APPSI.

Rakernas ini akan diikuti oleh perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Gubernur seluruh Indonesia selaku anggota APPSI beserta para pendamping, juga Ketua beserta anggota Dewan Pakar APPSI, dan berlangsung mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Mei 2022.

Di sela-sela kunkernya, Ma’ruf Amin dan rombongan juga dijadwalkan akan melakukan peninjauan ke Kawasan UMKM Pantai Jerman, Kabupaten Badung, Bali.

Wapres Ma’ruf Amin Isi Akhir Pekan dengan Olahraga di Monas

Sebelumnya, Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin juga memanfaatkan momen di hari terakhir cuti bersama Idulfitri 2022, dengan melakukan olahraga pagi di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Mereka berjalan santai menyusuri jalan-jalan di area taman yang dikelilingi pepohonan. Pantauan PariwisataIndonesia.ID, baik Wapres maupun Ibu Wury tampak sesekali menyapa para petugas di tempat itu.

Sewaktu di lapangan Monas ini, juga menyempatkan berkunjung ke Museum Sejarah Nasional Indonesia di bagian dasar monumen. Selain melihat-lihat berbagai diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah, masa pra kemerdekaan hingga masa Orde Baru.

Wapres juga berharap, “semoga kondisi terus membaik dan pandemi segera berakhir sehingga monumen kebanggaan Bangsa Indonesia ini dapat kembali dikunjungi oleh masyarakat umum,” kata wapres, pada Minggu (8/5/2022). Pasalnya, sejak pandemi Covid-19 melanda tanah air hingga saat ini, kawasan Monas masih tertutup untuk umum. (D/f)