Samudera Awan Ciamis di Puncak Bangku, Indah Bener!

Samudera Awan Puncak Bangku, Ciamis. Sumber Foto: detik.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Bukan cuman Bandung, Bogor atau Sukabumi yang punya kawasan rekreasi yang menawan para wisatawan. Ternyata di daerah Ciamis, Jawa Barat ini juga indah lho Gaaees..

Di sini, ada Puncak Bangku. Kamu bisa menikmati panorama awan sejauh mata memandang, layaknya samudera awan tak bertepi. Makanya destinasi ini disebut Samudera Awan Puncak Bangku.

Kabupaten Ciamis yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap ini menyimpan panorama alam berupa perbukitan. Di salah satu bukit itulah terdapat Puncak Bangku.

Kabut awan putih pada pagi hari menjadi daya pikat bagi wisatawan. Gulungan awan menutupi perbukitan di Ciamis.

Untuk dapat menikmati samudera awan ini, sebaiknya kamu datang sekitar pukul 05.00 – 09.00 WIB. Kalau perlu, pukul 03.00 WIB, emang harus pagi-pagi bangetzz Gaaees!

Lokasi persisnya berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Puncak Bangku ini berada di dataran tinggi yang memiliki tebing.

Sedangkan daerah yang diselimuti kabut adalah wilayah perbatasan Ciamis-Kuningan. Dari kejauhan terlihat puncak-puncak bukit yang hijau. Udara di lokasi cukup sejuk, cocok untuk menikmati segelas kopi atau susu hangat sambil menikmati pemandangan.

Aktivitas menarik lain di sini adalah berburu spot foto. Ada beberapa spot foto kekinian yang sudah dibangun di kawasan Puncak Bangku Ciamis.

Kamu bisa berswafoto di perahu yang seolah terbang di antara lautan awan, ada juga ayunan seperti sarang burung dan spot-spot foto lain. Hanya saja jika ingin berfoto harus sabar antre dengan pengunjung lain.

Untuk menuju lokasi Puncak Bangku dari pusat Kota Ciamis membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit, menggunakan kendaraan. Rutenya dari Alun-Alun Ciamis ke arah Baregbeg, lalu belok ke Sukadana kemudian ke Kecamatan Rancah.

Dari pertigaan Polsek Rancah ambil jalur lurus dan ikuti petunjuk menuju Puncak Bangku. Kendaraan di parkir di dekat lokasi. Memasuki kawasan ini belum dikenai tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja.

#PariwisataIndonesia #CintaIndonesia