Tari Sigeh Penguten dari Lampung

Tari Sigeh Pengunten, Lampung

Masih di Provinsi Lampung, salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kesenian khas dan menarik untuk kita intip, yaitu berupa tarian yang yang di sebut Tari Sigeh Penguten. Tarian adat ini merupakan tarian tradisional khas Lampung yang diadakan saat masyarakat menyambut kedatangan tamu kerhormatan.

Pada awalnya tari ini bernama tari Melinting dan tari Sembah, namun baik tari Melinting maupun tari Sembah telah dikukuhkan namanya menjadi tari Sigeh Penguten. Tari Sigeh Penguten merupakan perpaduan budaya antara kedua suku Lampung yakni Pepadun dan Saibatin. Melalui Peraturan Daerah, tari sigeh pengunten diresmikan sebagai tarian Lampung dalam penyambutan tamu penting yang datang ke provinsi ini.

Tari Melinting, Lampung
Tari Melinting, Lampung foto: wikipedia.org

Tarian ini dipentaskan dalam setiap pembukaan acara baik formal maupun non formal. Tari Sigeh Penguten memiliki keunikan tersendiri yang tedapat pada gerak, iringan, tata rias dan busana. Yang merupakam perpaduan dari ragam tari yang ada di provinsi ini.

Seperti tari tradisional Sembah, tarian ini mempertontonkan atraksi tabur beras yang sudah dicampur kunyit yang menjadi lambang doa permohonan kegembiraan dan keselamatan untuk orang-orang yang turut hadir dalam pagelaran.

Tari Melinting, Lampung
Tari Melinting, Lampung, foto: flickr.com

Saat ini, tari sembah sudah menjadi salah satu ikon dari provinsi Lampung yang banyak dipentaskan dalam berbagai acara baik tingkat Nasional hingga internasional. Ciri khas tarian ini adalah para penari yang menggunakan kuku panjang terbuat dari emas atau tembaga dan menari dengan lemah gemulai.

Tari sembah atau sekapur sirih memperlihatkan tentang rasa gembira yang biasanya juga ada dalam upacara selamatan maras taon dan resepsi. Busana yang digunakan oleh para penari sembah adalah busana asli Lampung seperti yang biasa digunakan oleh suku asli Lampung dengan siger dan tanggai.