Pariwisata Indonesia, Foto Wamen Angela Tanoesoedibjo
Wamen Angela Tanoesoedibjo Apresiasi Dorong UMKM Naik Kelas dengan Berjualan di Lokasi Premium.

Wamen Angela Apresiasi Dorong UMKM Naik Kelas dengan Berjualan di Lokasi Premium

PariwisataIndonesia.ID – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi upaya semua pihak dalam mendorong UMKM “naik kelas” dengan menjual produknya di lokasi premium.

Hal tersebut disampaikannya beberapa waktu lalu, saat menghadiri Pembukaan Gerakan UMKM dan Food Court Ramadhan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Gedung Sopo Del Tower, Mega Kuningan, Jakarta.

Mengawali kesempatannya, Wamen Angela mendukung penuh upaya kolaborasi kementeriannya bersama Yayasan Del dan PT. Lumina Kaya Indonesia yang telah memamerkan banyak karya UMKM di tempat yang premium ini.

“Jadi ini betul-betul seperti Pak Teten (Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM) bilang menaikkan kelas dari teman-teman UMKM kita,” ujar Wamen Angela, dalam keterangan tertulisnya, dikutip kembali PariwisataIndonesia.id, Minggu (10/4/2022).

Pariwisata Indonesia

Di kesempatan itu, ia juga menilai, digelarnya pameran UMKM di lokasi premium, akan mampu meningkatkan akses pemasaran bagi produk UMKM itu sendiri. Sehingga, produk UMKM lokal tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Selain itu, kementeriannya juga akan terus berusaha meningkatkan kualitas UMKM di Indonesia. Salah satunya, melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

“Kami bekerja sama, berkolaborasi untuk mendorong peningkatan kapasitas UMKM kita untuk masuk platform digital, sehingga mereka bisa tetap bertahan di masa pandemi. Karena waktu itu memang kondisinya banyak keterbatasan fisik. Tapi sekarang puji Tuhan, kondisi pandemi juga sudah lebih baik, semoga kita segera masuk ke endemi,” katanya.

Sejalan dengan hal tersebut, ia pun menegaskan bahwa aktivitas fisik seperti ini memang sangat ditunggu-tunggu.

“Jadi ini memang benar-benar waktu yang pas sekali untuk mengadakan event seperti ini empat kali pertahun dan tentunya kami akan terus mendukung,” imbuhnya.

Pameran ini terselenggara atas inisiasi Yayasan Del dan KAYA.ID, yakni sebuah perusahaan inkubator bisnis dan branding bagi UMKM Indonesia.

Dalam acara tersebut, diikuti oleh 60 UMKM dari subsektor kuliner, fesyen, dan juga komoditas. Mereka berpartisipasi dengan menjadi tenant di area food court di Sopo Del Tower dan di area bazaar Ramadhan di lantai dasar.

Tak hanya itu, terdapat pula area Pasar Kaya Hampers yang menawarkan berbagai macam hampers dan parsel berisikan produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh KAYA.ID.

Menurut Angela, kerja sama dan kolaborasi Yayasan Del, Sopo Del Tower, dan KAYA.ID tidak hanya akan memperkaya ekosistem pemasaran UMKM Indonesia. Sebab, di sisi lain, juga ikut mendukung program pemerintah dalam memulihkan perekonomian Indonesia.

Mencermati pemilihan lokasi gedung yang merupakan area perkantoran premium, lanjut Angela, merupakan langkah awal untuk menjadikan UMKM naik ke taraf yang lebih baik dari sisi pemasaran maupun penjualan.

“Kerja sama ini berlangsung selama tiga tahun sehingga memberikan cukup waktu bagi para UMKM untuk mengembangkan bisnisnya,” ungkapnya.

Di akhir keterangannya, juga menjelaskan, Angela hadir didampingi Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ni Wayan Giri Adnyani. Acara tersebut, juga dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (Alex)