Pemerintah Ingatkan Seluruh Pihak untuk Waspadai Tren Kenaikan Kasus COVID-19 Secara Global

Kasus COVID-19 global menanjak, Menlu Retno Mersudi: Harus diwaspadai, berikut ulasannya.
BERITA JOKOWI,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,JOKOWI ACUNGI JEMPOL KOTA SURABAYA BERHASIL OLAH SAMPAH JADI ENERGI LISTRIK,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARIWISATA INDONESIA,PRESIDEN JOKO WIDODO,Umi Kalsum Founder dan CEO PVK Group
Menlu Retno LP Marsudi dalam konferensi pers di sela menerima kedatangan vaksin tahap 12 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/5) / Dok. Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

PariwisataIndonesia.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi, memperingatkan kepada semua pihak guna mewaspadai tren kenaikan kasus COVID-19 secara global, disebutkan Menlu, Oganisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan adanya peningkatan jumlah kasus baru paling tinggi hingga 19 persen pada kurun 25 April hingga 2 Mei 2021.

“Kawasan Asia Tenggara yang dalam terminologi WHO terdiri dari negara India, Indonesia, Nepal, Bangladesh, Srilanka, Thailand, Maldives, Timor Leste, Myanmar, Bhutan, mengalami kenaikan kasus tertinggi, yaitu 19 persen dilihat dari kurun waktu sepekan sampai 2 Mei 2021,” beber Menlu Retno di sela menerima kedatangan vaksin tahap 12 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/5).

Imbauan Menlu Retno terkait laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengungkapkan, “Jumlah kasus global dalam dua pekan melebihi kasus selama enam bulan pertama pandemi. Jumlah yang sangat tinggi, dengan lebih dari 5,7 juta kasus per pekan,” pungkasnya.

Dalam upaya menekan secara masif dan memutus rantai penyebaran Covid-19 tersebut, ia juga mengingatkan agar seluruh pihak tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kenaikan kasus baru di Asia Tenggara mencapai 47 persen dari kasus baru dunia selama kurun waktu tersebut. Kenaikan cukup tinggi, terutama terjadi di India. Kondisi ini penting jadi pengingat kita semua bahwa penyebaran virus masih terjadi,” Menlu Retno menambahkan.

Ajak Menteri Luar Negeri perempuan pertama Indonesia, setiap dari kita dapat menjadi bagian dari ikhtiar untuk mencegah peningkatan penyebaran COVID-19. “Caranya kita sukseskan ikhtiar vaksinasi yang dilakukan pemerintah dan tidak kalah pentingnya, mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Sebelum menutup keterangan persnya, salah satu Srikandi di Kabinet Indonesia Maju lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 November 1962, Retno juga menyempatkan untuk mengucapkan selamat hari raya Idulfitri bagi yang merayakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan selamat melanjutkan ibadah puasa Ramadan yang tinggal beberapa hari ini. Marilah kita sambut hari kemenangan dengan terus menaati protokol kesehatan,” tutupnya. (Rd/Eh)