Air Terjun Sipiso-piso

Hamparan Keindahan di Tanah Karo
foto: airpaz.com

Pariwisata Indonesia.id – Masih di provinsi Sumatra Utara nih, Sobat Pariwisata! Terdapat destinasi wisata berupa keindahan alam dan pesona air terjun yang bisa sobat kunjungi saat liburan nanti. Destinasi wisata alam yang indah nan memesona ini dikenal dengan sebutan Air Terjun Sipisopiso.

Pariwisata Indonesia
foto: pegipegi.com

Air Terjun Sipisopiso atau Sipiso-piso adalah destinasi wisata berupa air terjun yang berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 120 meter dan airnya mengucur begitu deras membentuk garis vertikal yang terlihat sempurna.

Destinasi wisata air terjun ini masuk dalam air terjun tipe Plunge. Lokasi air terjun ini berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba serta terbentuk pada aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai untuk menyuplai air ke Danau Toba.

Air Terjun Sipisopiso berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan air laut. Nama Sipisopiso diambil dari nama sebuah Gunung yang berada tepat di timur laut Air terjun ini. Gunung yang juga disebut Dolok Sipisopiso ini memiliki ketinggian sekitar 1.860 meter di atas permukaan air laut. Sobat Pariwisata pastinya akan terkagum-kagum dengan pesona Air Terjun Sipisopiso, ketika sobat berada di Desa Tongging, tempat di mana air terjun ini berada.

Sebelum sobat melihat air terjun ini dari dekat, berkunjunglah di gardu pandang yang terletak di puncak bukit. Sobat Pariwisata akan melihat hamparan keindahan Tanah Karo dari gardu pandang ini.  Sobat juga dapat menikmati keindahan Pulau Samosir, pulau yang berada di tengah Danau Toba.

Setelah sobat puas menikmati pemandangan nan indah Air Terjun Sipisopiso dari jauh, sobat dapat melanjutkan perjalanan menelusuri punggungan bukit untuk bercengkerama dengan keindahan air terjunnya. Untuk menelusuri punggung bukit tersebut, sudah disediakan jalur yang berupa anak tangga untuk memudahkan Sobat Pariwisata.

Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai dasar air terjunnya. Dalam perjalanan, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah ini ya! Sobat bisa berfoto-foto selfie berlatar belakang keindahan dari air terjun ini.