KASAB, Ini Sulaman Cantik dari Bumi Serambi Mekkah Gaes!

Pariwisata Indonesia, Kasab, Kasab Aceh
Ilustrasi gambar: Kain kasab Aceh memberi kesan mewah dekorasi pelaminan (Sumber: Dok. Pribadi)

LET’S GO Gaes, berburu souvenir lokal! Sayang buat dilewatkan saat kalian telah menginjakkan kaki di Provinsi Aceh tapi tidak hunting oleh-oleh yang satu ini. Namanya, kain kasab.

Kasab adalah kerajinan sulaman benang emas atau perak di atas kain beludru, atau sering disebut dengan “Kasab Aceh”.

Wah, kalo begitu, harganya mahal, dong? Tenang aja. Saat ini ada banyak kain kasab menggunakan benang emas dan perak tiruan sehingga harganya lebih ramah di kantong.

Jadi tunggu apa lagi, yuk buruan borong kain kasab sebanyak-banyaknya untuk ditenteng jadi cinderamata.

Meskipun jenis benangnya berbeda, kualitas sulaman kain kasab enggak berubah, loh. Kain ini tetap unik dan menarik. Saking menariknya, peminat kasab tidak hanya oleh masyarakat di dalam negeri saja, tetapi juga di luar negeri, di antaranya mulai dari Brunei, Singapura, Malaysia, bahkan Pakistan. Wow banget, bukan?

Nah, sebelum kalian borong souvenir dari Tanah Rencong yang begitu unik ini, enggak ada salahnya pahami sejumlah hal penting, antara lain motif kain kasab umumnya adalah flora atau tumbuh-tumbuhan.

Walaupun belakangan ini, ada juga kasab menggunakan motif fauna, seperti merak. Senjata rencong juga sering dijadikan sebagai motif kasab. Termasuk kasab yang dihiasi manik-manik. Dengan banyaknya motif kasab, kalian bisa punya banyak pilihan yang tentu saja disesuaikan dengan selera masing-masing, ya.

Pariwisata Indonesia
Kerajinan kasab dari Aceh berbentuk payung dengan menampilkan warna-warna dominan.

Selain motif, hal unik kasab juga terletak di warnanya. Ternyata di zaman dahulu, penggunaan warna kain kasab harus disesuaikan dengan pangkat atau golongan seseorang, loh.

Misalnya, warna kuning dikhususkan untuk raja, warna merah untuk prajurit atau hulubalang, hijau untuk ulama, dan hitam untuk rakyat.

Tapi di zaman sekarang, aturan itu enggak terlalu dipermasalahkan lagi, kok. Jadi, kalian bisa bebas memilih kasab warna apa saja.

Biasanya, sih, masyarakat Aceh memakai kain kasab sebagai pakaian adat dan dekorasi pelaminan di acara nikahan, sunatan, atau aqiqahan. Tapi, kalian enggak perlu juga membeli hiasan pelaminan sebagai oleh-oleh karena saat ini kasab tersedia dalam berbagai wujud.

Kalian bisa memilih kipas tangan untuk teman-teman, kupiah untuk bapak, hingga tas tangan untuk emak di rumah. Khusus yang ketiga, siapa tahu bisa bikin uang jajan naik. Ya, enggak, Gaes? (Anita)

Pewarta: Anita Basudewi Simamora
COPYRIGHT © PI 2022