Satwa Khas Sulawesi Utara

Si Mungil yang Menggemaskan
Pariwisata Indonesia

Beragam satwa yang hidup di alam Indonesia begitu banyak jenisnya, baik yang hidup di laut, di darat maupun di udara.Dari satwa yang biasa dikenal bahkan sampai satwa yang menjadi ciri khas dari suatu daerah di Indonesia, seperti di Sulawesi Utara di kenal satwa yang khas bernama Tarsius atau Tangkasi.

Di sana terdapat sekitar 11 jenis Tarsius, salah satu lokasi yang menjadi habitat Tarsius spectrum adalah di Cagar Alam Tangkoko Batuangus.

sumber foto: alamendah.org

Tarsius atau di Sulawesi sering disebut Tangkasi merupakan satwa nokturnal atau biasa hidup aktif di malam hari. Tarsius memiliki ciri atau karakter yang mendukung hidup di malam hari. Memiliki mata yang bisa beradaptasi untuk melihat saat malam hari, serta warnanya yang tidak menyolok.

Satwa ini juga merupakan insektivor yaitu satwa yang pakan utamanya adalah serangga. Tarsius ini juga memakan vertebrata kecil seperti ular dan cicak lho.

sumber foto: basecamppetualang.blogspot.com

Tarsius memiliki cara unik dalam mencari makan maupun berinteraksi dengan kelompok lain yaitu dengan berpindah tempat secara melompat dari satu cabang atau pohon ke cabang atau pohon yang lainnya. Akan tetapi perlu kamu tahu! Tarsius juga memiliki “musuh” lho, yaitu predator alam lainnya seperti ular, burung hantu, biawak, kelelawar, tikus dan burung jenis insektivor yang dapat memangsanya.