5 Kuliner Khas Kepulauan Riau

Rekomendasi Wisata Kuliner Kepulauan Riau
Pariwisata Indonesia
foto: kulinerhunter.com

Pariwisata Indonesia.id – Kepulauan Riau selain kaya akan destinasi wisatanya, kepulaun ini juga memiliki aneka ragam kuliner yang layak sobat pariwisa ketahui dan bisa juga menjadi list wisata kuliner saat liburan nanti. Wilayahnya yang merupakan kepulauan, maka tidak heran jika kuliner khas Kepulauan Riau adalah dominan ke jenis hidangan laut. Namun tidak jarang perpaduan masakan melayu juga kental di kepulaan ini.

Pariwisata Indonesia
foto: bosmeal.com

Segala rutinitas keseharian kita memang tidak jauh dari yang namanya kuliner. Terlebih jika sobat memang sedang dalam situasi berkunjung ke suatu tempat wisata. Sobat Pariwisata tentu kecewa kalau tidak mencoba kuliner khas di destinasi yang sobat kunjungi. Seperti berikut ini kami list 5 Kuliner Khas di Kepulauan Riau yang layak kamu coba saat nanti kamu berkunjung ke kota ini, ada apa aja sih?

Lakse
foto: wisatago.com

1. Lakse 

Lakse adalah makanan khas sejenis mie yang dicampur dengan bumbu racikan khas Tionghoa dan Melayu. Lakse memiliki bentuk mie bulat putih dan sedikit tebal. Nama Lakse diambil dari bahasa sansekerta yang mempunyai arti banyak. Hal ini menunjukan bahwa mie Lakse dibuat dengan berbagai bumbu.

Lakse di Kepulauan Riau tersaji dengan kuahnya yang berlemak dan pedas serta kaya akan rempah, dijamin enak dan membuat sobat ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi. Jika Sobat Pariwisata berlibur ke Riau, pastikan untuk mencoba kuliner ini ya!

Sup Ikan
foto: uzone.id

2. Sup Ikan

Saat sobat berkunjung ke Kota Batam, Kepulauan Riau, wajib mencoba kuliner yang satu ini, di sebut dengan Sup Ikan. Sup ikan di Batam ini biasanya berbahan dasar ikan tenggiri dan termasuk kategori sup dengan kuah yang cenderung jernih. Dipadukan dengan sedikit perasan air jeruk nipis, serta beberapa tetes kecap asin.

Buat sobat yang menyukai rasa pedas, silakan tambahkan rajangan cabai rawit kedalamya, ini akan menambah kelezatan dan kenikmatan tersendiri.

Gonggong
foto: travel.detik.com

3. Gong-gong

Gong-gong atau Siput merupakan makanan khas masyarakat di Kepulauan Riau. Makanan ini biasanya diolah dengan cara direbus lalu dimakan dengan sambal khusus. Gong gong tidak hanya terkenal di Kepri tetapi juga sudah dikenal hingga ke Malaysia, Singapura, Korea, Thailand hingga India karena rasa dan aromanya yang khas.

Di Kepulauan Riau, hewan laut ini banyak ditemukan di perairan Desa Lobam, Tanjung Uban, Pulau Bintan dan Batam. Kandungan gizi Gong Gong sangat tinggi, bahkan sebagian orang percaya makanan Gong Gong ini mampu meningkatkan pertumbuhan hormon dan meningkatkan vitalitas tubuh kita.

Lempok Durian
foto: twitter.com

4. Lempok Durian

Lempok Durian adalah sejenis dodol khas yang dibuat dari buah durian Siantan yang lezat. Penganan khas Anambas ini memiliki rasa yang khas dan lebih legit, jika dibandingkan Lempok Durian buatan Sumatra ataupun Kalimantan.

Pembuatan lempok ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat dengan teknologi sederhana. Saat kamu datang ke kota ini, untuk mendapatkannya kamu bisa membelinya di sejumlah kedai makanan yang tersebar di sejumlah titik di Kota Tarempa atau Letung.

Mie Tarempa
foto: iklantravel.com

5. Mie Tarempa

Mie Tarempa atau Mie Siantan adalah makanan yang berbahan mie kuning dari tepung terigu, telur, kecambah dan potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabai. Kuliner khas ini sangat mudah ditemui jika kamu berada di Kabupaten Anambas. Di Tanjung Pinang juga ada satu tempat yang sudah terkenal menjual Mie Tarempa yakni Kedai Kopi Selera Bintan yang beralamat di jalan Basuki Rahmat.

Bermacam-macam kuliner khas dari Kepulauan Riau memang patut untuk dicoba, diantara 5 kuliner khas di atas, ini akan membuat pengalaman Sobat Pariwisata yang tak terlupakan, saat sobat berkunjung bersama teman keluarga atau orang yang disayangi.