Aneka Kuliner Khas Riau

Sajian yang begitu menggoda selera makan
Pariwisata Indonesia
Foto: keluyuran.com

PariwisataIndonesia.id –  Sobat Pariwisata, membahas kuliner yang ada di setiap daerah memang gak ada habisnya, dan Indonesia terkenal begitu kaya akan kuliner yang tidak di ragukan akan rasa yang menjamin kelezatanya. Kuliner dari Indonesia yang memberikan ragam variasi menu dengan sejuta rasanya. Ini yang membuat kita enggan berpaling ke kuliner dari negara tetangga.

Seperti dari kepulauan Riau yang juga kaya akan kuliner, yang berbahan dasar ikan dan menyajikan rasa yang lezat dan memikat lidah kamu, apa aja sih?

Foto: eljohn news.com

1. Asam Pedas Baung
Yang pertama nih sobat, ada Asam Pedas Baung, inilah salah satu olahan khas dari Riau yang jadi andalan bagi para pecinta kuliner tanah air. Baung adalah sejenis ikan air tawar yang mempunyai protein tinggi namun rendah akan lemak lhoo. Ikan ini habitatnya lebih banyak ada di sungai besar atau muara sungai.

Ikan baung yang sudah dibersihkan dimasak dengan aneka macam bumbu rempah-rempah asli Indonesia. Untuk meraciknya digunakan  jahe, serai, kemiri, lengkuas, cabe merah, daun kunyit, dan bumbu lainnya. Kuahnya yang berwarna merah, dagingnya lembut dan kenyal dengan rasa yang khas banget membuat siapa aja pengin nyobain pastinya.

Mie Lendir
Foto: mieburungdara.com

2. Mie Lendir
Ini dia, kuliner khas kepulauan Riau yang satu kedua, dilihat dari namanya saja sih aneh ya sobta? Namun Mie Lendir ini terkenal banget di daerah Batam, Kepulauan Riau. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar mie kuning yang di rebus serta dicampur dengan tauge dan telur rebus. Sementara untuk bahan baku kuahnya adalah kacang tanah, ubi dan bumbu-bumbu khas lainnya yang membuat begitu lezatnya mie ini.

Foto: elmundoeats.com

3. Roti Canai
Kuliner ini, sejenis jajanan yang dibuat berbentuk pipih dan dipercaya berasal dari India, ini sih cukup populer banget dan menjadi makanan khas Kepulauan Riau. Di Semenanjung Melayu seperti Malaysia, Singapura, dan sebagian daerah di Sumatera banyak ditemukan roti seperti ini.

Proses pengolahan Roti Canai ini, yaitu diputar sampai tipis, lalu dilipat dan dipanggang dengan minyak panas. Jangan lupa, kalo makan harus ada pasangan dari Roti Canai yaitu kari daging kambing yang lezat dan gurih bener. Cukup robek rotinya kemudian dicocol kedalam karinya, bisa bikin kamu ketagihan lhoo!

Sop Tunjang
Foto: pikdo.net

4. Sop Tunjang
Sop Tunjang ini, jadi kuliner khas Kepulauan Riau yang rekomended buat kamu coba jika sedang berlibur ke Riau. Kuliner ini adalah berupa sop tulang sapi yang dibalut dengan daging tebal dengan aroma sedapnya yang menggoda selera makan pastinya!.

Dagingnya yang lembut dan gampang terlepas dari tulangnya, itu yang buat kamu jadi ketagihan. Untuk urusan rasanya, jangan ditanya lagi, bumbu dan rempah-rempah yang dipakai sangat terasa lezat sampai kerongkongan kamu lhoo, saat kamu menyantapnya.

Lopek Bugi
Foto: makinesehat.blogsport.com

5. Lopek Bugi
Kota Pekanbaru adalah salah satu kota yang melahirkan kuliner khas Kepulauan Riau, yang rasanya sudah terkenal  sampai seantero Indonesia. Namanya Lopek Bugi, adalah sejenis lepat ketan yang dibalut dengan daun pisang dengan cita rasa yang manis dan gurih. Sobat Pariwisata bisa menemukannya di daerah Bangkinang dekat Jembatan Danau Bingkuang yang ada di sepanjang jalan lintas Pekanbaru. Kuliner yang pas buat menu buka puasa nanti, tentu buat sobat yang sebentar lagi menjalankan ibadah puasa Ramadhan.