Cobain Lima Camilan Khas Minangkabau Membumbui Pariwisata Indonesia

Jajanan Kelojotan yang Bikin Lupa Diri. Oleh-oleh Camilan yang Cocok Dibawa Saat Berkunjung ke Rumah Calon Mertua.
Bika Panggang Padang, makanan tradisional padang, camilan khas sumatera barat, menu makanan basah khas padang, alat musik tiup padang, alat musik tradisional minangkabau, tradisional sumatera barat, padang, minangkabau, saluang, sulliang, seruling padang, seruling minang, pariwisata indonesia, pariwisata nasional, pariwisata padang, pariwisata alat musik, media pvk, umi kalasum
Foto: Bika Padang

PariwisataIndonesia.id – Sobat Pariwisata pasti mengenal atau mungkin sering makan rendang. Olahan daging khas Sumatera Barat ini memang sangat lezat, bahkan menempati urutan nomor satu sebagai kuliner paling lezat versi CNN. Namun, Sumatera Barat tidak hanya memiliki rendang sebagai kulinernya, ada banyak ragam kuliner lain yang juga mampu menggugah selera. Mulai dari kuliner sebagai teman makan nasi, maupun camilan.

Berikut ini, redaksi merangkum lima camilan khas Sumatera Barat menggoyang lidah dan bikin Sobat Pariwisata kelojotan.

1.  Bika Panggang


Jika Sumatera Utara memiliki Bika Ambon, maka Sumatera Barat memiliki Bika Panggang. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa, dan gula pasir atau gula merah yang dimasak dengan cara dipanggang. Soal rasa, Sobat Pariwisata tidak perlu ragu. Mencicipi jajanan ini tidak cukup satu, bisa bikin ketagihan lagi dan lagi.

Bika Panggang Padang, makanan tradisional padang, camilan khas sumatera barat, menu makanan basah khas padang, alat musik tiup padang, alat musik tradisional minangkabau, tradisional sumatera barat, padang, minangkabau, saluang, sulliang, seruling padang, seruling minang, pariwisata indonesia, pariwisata nasional, pariwisata padang, pariwisata alat musik, media pvk, umi kalasum, bika panggang, bika panggang minang
Foto: Bika Panggang

Camilan yang sudah popular sejak zaman Belanda ini merupakan salah satu yang dirindukan oleh para perantau. Rasa manis dan gurih yang saling berpadu di dalam mulut, dilengkapi dengan wangi daun yang khas, menjadikan kue ini layak untuk dicoba. Menikmatinya dalam kondisi panas saat cuaca hujan akan menambah kenikmatan tersendiri.

2.  Gelamai


Hampir semua daerah di Indonesia memiliki camilan sejenis dodol. Di Sumatera Barat, dodol ini bernama Gelamai atau Kalamai. Terbuat dari campuran tepung beras ketan, gula merah, kacang tanah, dan santan. Untuk membuat camilan ini, dibutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang kuat. Makanya, camilan ini dimasak dengan cara bergotong-royong.

Galamai Padang, Camilan padang, Bika Panggang Padang, makanan tradisional padang, camilan khas sumatera barat, menu makanan basah khas padang, alat musik tiup padang, alat musik tradisional minangkabau, tradisional sumatera barat, padang, minangkabau, saluang, sulliang, seruling padang, seruling minang, pariwisata indonesia, pariwisata nasional, pariwisata padang, pariwisata alat musik, media pvk, umi kalasum
Foto: Gelamai

Kue ini yang memiliki rasa legit dan manis dari gula aren serta rasa renyah dari kacang tanah. Gelamai menjadi salah satu hidangan wajib saat digelar pesta pernikahan di Sumatera Barat. Teksturnya yang lembut dan kenyal tidak hanya digemari oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa. Gelamai sangat popular di beberapa kota seperti Payakumbuh, Pariaman, Pasaman, dan Solok.

3.  Bareh Randang


Oups, jangan salah mengira, ya. Meskipun namanya terdengar mirip dengan rendang, tapi kuliner yang satu ini tidak memiliki rasa pedas dan gurih. Melainkan rasa manis dan legit. Nama randang berasal dari proses pembuatannya yaitu disangrai. Sedangkan Bareh Randang atau tepung beras yang merupakan bahan utama camilan ini.

Galamai Padang, Camilan padang, Bika Panggang Padang, makanan tradisional padang, camilan khas sumatera barat, menu makanan basah khas padang, alat musik tiup padang, alat musik tradisional minangkabau, tradisional sumatera barat, padang, minangkabau, saluang, sulliang, seruling padang, seruling minang, pariwisata indonesia, pariwisata nasional, pariwisata padang, pariwisata alat musik, media pvk, umi kalasum, bareh rendang, beras tepung padang, cemilan khas padang, pariwisata tradisional padang, nusantara, makanan khas sumatera barat, pariwisata indonesia, pariwisata nusantara, pariwisata di indonesia, berita kuliner, berita pariwisata
Foto: Beras Padang

Selain tepung beras, bahan lain untuk membuat Bareh Randang adalah gula dan santan. Adonan ini kemudian disangrai hingga menghasilkan Bareh Randang yang memiliki permukaan agak kasar, tapi lunak di dalam. Camilan yang biasanya berbentuk persegi dan lingkaran ini bisa Sobat Pariwisata dapatkan di daerah Payakumbuh, Tanah Datar, Agam, dan Lima Puluh Kota.

4.  Sala Lauak


Camilan berbentuk bulat ini berasal dari Pariaman, Sumatera Barat. Sala Lauak terdiri dari campuran tepung dan hasil laut seperti ikan, teri atau udang halus. Rasa gurihnya dijamin bikin Sobat Pariwisata ketagihan. Sesuai namanya (sala: goreng), proses pembuatan Sala Lauak yaitu dengan cara digoreng.

Salah lahuk, salah padang, salah lauk, Galamai Padang, Camilan padang, Bika Panggang Padang, makanan tradisional padang, camilan khas sumatera barat, menu makanan basah khas padang, alat musik tiup padang, alat musik tradisional minangkabau, tradisional sumatera barat, padang, minangkabau, saluang, sulliang, seruling padang, seruling minang, pariwisata indonesia, pariwisata nasional, pariwisata padang, pariwisata alat musik, media pvk, umi kalasum, bareh rendang, beras tepung padang, cemilan khas padang, pariwisata tradisional padang, nusantara, makanan khas sumatera barat
Foto: Salah Lauak

Camilan ini memiliki tekstur lembut di dalam dan renyah di luar. Rasanya yang gurih membuat Sala Lauak terkadang dijadikan sebagai teman saat menyantap lontong padang atau kuliner lainnya. Namun, camilan ini sering juga dimakan begitu saja dengan cocolan saus.

5.  Lompong Sagu


Kue khas Minang yang satu ini cukup popular pada era 1960-an. Namun, sekarang agak sulit ditemukan karena keberadaannya yang makin langka. Padahal, rasanya sangat lezat. Untuk membuat Lompong Sagu ini diperlukan tepung sagu, pisang kepok, santan, kelapa, dan gula aren. Selanjutnya, adonan akan dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang. Rasanya yang manis, legit, dan gurih, serta teksturnya yang kenyal, akan berpadu dengan wangi khas daun yang dipanggang.

lompong sagu, Salah lahuk, salah padang, salah lauk, Galamai Padang, Camilan padang, Bika Panggang Padang, makanan tradisional padang, camilan khas sumatera barat, menu makanan basah khas padang, alat musik tiup padang, alat musik tradisional minangkabau, tradisional sumatera barat, padang, minangkabau, saluang, sulliang, seruling padang, seruling minang, pariwisata indonesia, pariwisata nasional, pariwisata padang, pariwisata alat musik, media pvk, umi kalasum, bareh rendang, beras tepung padang, cemilan khas padang, pariwisata tradisional padang, nusantara, makanan khas sumatera barat
Foto: Lompong Sagu

Kue khas Minang yang ini menjadi buruan para pecinta kuliner yang berlibur di Sumatera Barat. Meskipun semakin sulit mencari orang yang pembuat dan menjualnya. Semoga makin banyak generasi sekarang yang ikut melestarikan camilan ini, agar Lompong Sagu tidak hanya menjadi masa lalu.

Dari lima daftar camilan khas Ranah Minang di atas, mana yang pernah Sobat Pariwisata nikmati? (Nita/Kusmanto)