Mie Aceh Kuliner Khas Kota Serambi Mekah, Pedasnya Menggoda

sumber foto: pesona.travel.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Indonesia memiliki kuliner tradisional yang beranekaragam. Karena terdiri dari banyak provinsi dan di setiap provinsi memiliki kuliner khas dari daerah masing-masing Gaaees.

Bisa jadi setiap daerah memiliki puluhan makanan khas, namun dari banyaknya makanan khas tersebut tentu hanya beberapa saja yang terkenal hingga nasional bahkan internasional.

Salah satunya Mie Aceh Gaaees, yang merupakan mie pedas khas dari Kota Aceh. Bahan utama yang digunakan untuk mie tradisional ini yaitu mie kuning atau mie telor. Mie aceh disajikan dengan irisan daging kambing atau sapi, namun juga ada yang mengkombinasikan dengan makanan laut seperti kepiting, udang atau cumi. Mie ini disajikan bersama sup kari yang gurih dan pedas menggoda Gaaees.

Mie Aceh tersedia dalam tiga jenis antara lain, mie Aceh setengah basah, mie Aceh goreng atau kering dan mie Aceh kuah atau sup. Biasanya dalam penyajiannya ditaburi dengan bawang goreng, emping, mentimun, potongan bawang merah dan perasan air jeruk nipis. Kamu pilih yang mana Gaaees?