Akhirnya! Renovasi Stadion Teladan, Pemkot Medan: Siap Gelontorkan Rp400 Miliar

Pariwisata Indonesia, Renovasi Stadion Teladan Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution (ketiga dari kiri) saat tinjau Stadion Teladan. (Foto: Media PI/Dok.PSMS)

PariwisataIndonesia.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, Sumatera Utara (Sumut) berencana menggelontorkan dana sebesar Rp400 miliar terkait upayanya untuk merenovasi total Stadion Teladan yang merupakan “home base” klub sepak bola PSMS Medan.

“Kami perkirakan Rp400 miliar. Tapi dilakukan secara bertahap setiap tahun, dan anggarannya di Dinas PKP2R (Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang),” kata Kepala Dispora Kota Medan Pulungan Harahap, di Medan, Rabu (16/2/2022).

Dalam penjelasannya, selain lapangan di dalam stadion, renovasi total kali ini juga dilakukan terhadap infrastruktur lainnya, seperti tempat parkir yang berada di luar stadion.

Lebih lanjut, pihaknya pada tahun lalu telah merenovasi sebagian kecil Stadion Teladan seperti tempat duduk dan ruangan pemain senilai Rp1 miliar, sambungnya, yang diperoleh dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021.

“Ini disebabkan Detail Engineering Design (DED) yang lama untuk renovasi tidak sesuai kebutuhan, seperti tempat parkir masih di luar. Keinginan Pak Wali Kota parkir bawah tanah, seperti Lapangan Merdeka,” tandasnya.

Masih dari penjelasan Pulungan, di triwulan pertama dan kedua dijadwalkan untuk menggelar sayembara dan kajian DED.

Sementara, renovasi Stadion Teladan, katanya baru akan dilaksanakan pada triwulan ketiga. Namun, semuanya itu ia meyakini tetap masih di tahun ini.

Tak cuma itu saja, bahkan Kepala Dispora Kota Medan menyebut, Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta langsung agar digelar sayembara terlebih dahulu sebelum pembuatan DED, sehingga warga Kota Medan bisa ikut andil dalam merenovasi stadion.

“Juara sayembara ini akan diumumkan, dan menjadi dasar Dinas PKP2R merevitalisasi Stadion Teladan. Sayembara ini dilakukan di triwulan pertama,” pungkasnya. (Dini)

× Hubungi kami