Intip Pakaian Adat Mandailing

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki kekayaan tidak hanya suku dan tapi juga kekayaan akan budaya nya. Setiap suku yang ada memiliki ciri khasnya masing-masing mulai dari adat – istiadatnya, rumah adatnya hingga pakaian adatnya.

Seperti di Provinsi Sumatera Utara terdapat suku Mandailing tepatnya di daerah Tapanuli Selatan, Mandailing dan Padang Lawas. Pakaian adat yang digunakan hampir sama dengan Batak Toba yaitu menggunakan ulos. Bedanya mereka menggunakan ulos dengan dipadukan aksesoris yang menambah semakin indah dan cantik di pandang.

Pakaian Adat Mandailing
Pakaian Adat Mandailing, foto: desainbajumodelterbaru.blogspot.com

Pakaian adat ini biasanya digunakan saat upacara perayaan, seperti upacara pernikahan. Yang menjadi ciri khas pakaian adat ini adalah, para perempuan Mandailing menggunakan bulang di keningnya. Bulang terbuat dari bahan dasar emas sepuhan atau bahkan logam. Bulang sendiri memiliki makna lambang kemuliaan dan merupakan simbol struktur kemasyarakatan.

Pakaian Adat Mandailing
Pakaian Adat Mandailing, foto: thebridedept.com

Berbeda dengan perempuan, laki-laki Mandailing menggunakan penutup kepala yang bentuknya khas. Penutup kepala pakaian adat Sumatera Utara ini disebut Ampu. Pada waktu dulu, ampu digunakan oleh para raja Mandailing dan Angkola. Warna hitam yang terdapat pada Ampu memiliki fungsi magis sedangkan warna emas menunjukkan simbol kebesaran. Nah buat kamu yang sedang di rumah saja, terus dalami informasi tentang kebudayaan yang ada di Indonesia yaa! Tentu dengan membaca segala informasinya di PariwisataIndonesia.id.