Kepala BNN Gelorakan #WarOnDrugs! Saat Di Lapangan Ini Kendalanya, Apa Jawab BAPPENAS

Pariwisata Indonesia, Jauhi Narkoba, Berita BNN, Berita Badan Narkotika Nasional RI, Trippers, Indonesia Traveler, Jaringan Media Pariwisata di Indonesia, Kepala BNN RI Komjen Pol Dr Drs Petrus Reinhard Golose MM, Biro Humas dan Protokol BNN RI Hanny Andhika, War On Drugs, Indonesia Bersinar, Desa Bersinar, P4GN
Kepala BNN Komjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose

Alhasil, kerja keras selama 12 hari, operasi ini hanya melahap 122 kg sabu yang diperoleh dari selundupan yang masuk ke perairan Indonesia. Selain itu, berhasil menemukan 2 kali pabean dan 2 kali pelanggaran pelayaran.

Operasi Laut Interdiksi Terpadu dengan Sandi ‘Purnama’ akhirnya, resmi ditutup oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia di Pelabuhan Ujung Baru, Dermaga 104, Belawan, Kota Medan, pada Sabtu (25/9) lalu. (Foto: Dok.Humas BNN)

Saat penutupan Operasi Laut Interdiksi Terpadu, kata Arman Depari, keberhasilan yang ditorehkan selain pengungkapan kejahatan narkoba, antara lain tim gabungan berhasil menemukan 2 kali pelanggaran pabean dan 2 kali pelanggaran pelayaran.

Padahal, tim gabungan terpadu ini memiliki sasaran operasi begitu luas, yaitu antara perairan Selat Malaka, perairan Selat Makassar, Laut Sulawesi, Kepulauan Seribu serta pelabuhan-pelabuhan yang terhubung dengan wilayah perairan yang terkait.

Sementara, pihak BNN menggadang-gadang sebanyak 15 Kapal Patrol dikerahkan dengan total personel diterjunkan 388 orang.

Dikatakan lagi, tim gabungan terdiri dari unsur internal dan eksternal BNN. Unsur internal diantaranya BNN pusat, BNNP Aceh, BNNP Sumatera Utara, BNNP Riau, BNNP Kepulauan Riau, BNNP Kalimantan Timur, BNNP Sulawesi Selatan, dan BNNP DKI Jakarta.

Termasuk, melibatkan unsur eskternal, seperti Direktorat Polair Koor Polairud Baharkam Polri, Direktorat Penindakan dan Penyidikan Ditjen Bea dan Cukai.

Bahkan didukung antara lain Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Ditjen Perhubungan Laut, serta Direktorat Pemantauan dan Operasi Armada Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

Operasi Laut Interdiksi Terpadu dengan Sandi ‘Purnama’ dimonitor langsung oleh Deputi Pemberantasan BNN RI, Arman Depari. (Foto: Dok.Humas BNN)

Akhirnya, Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia resmi menutup Operasi Laut Interdiksi Terpadu di Pelabuhan Ujung Baru, Dermaga 104, Belawan, Kota Medan, pada Sabtu (25/9) lalu.

Kemudian, operasi sandi ‘Purnama’ ini oleh Kepala Korpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca mewakili Kepala BNN RI, secara resmi ditutup.

Selanjutnya, segenap pihak (sinergitas antara BNN dan seluruh stakeholder pendukung Operasi Laut Interdiksi Terpadu, red) yang telah membantu dalam penguatan P4GN, BNN mengucapkan terima kasih atas kerja sama baiknya tersebut.

Pasalnya, BNN mengakui sedari awal, slogan melawan narkoba melalui tagline #WarOnDrugs dan #IndonesiaBersinar (Indonesia Bersih Narkoba) mesti didukung oleh semua pemangku di negeri ini, termasuk melibatkan peran masyarakat dan pihak swasta, tanpa terkecuali, sebut Petrus Golose dalam setiap kesempatannya.

× Hubungi kami