Kunker Jokowi ke Sumut Bagian dari Upaya Mendongkrak Pariwisata Indonesia Makin Mendunia

Pariwisata Indonesia, Berita Pariwisata Indonesia, Umi Kalsum Founder PVK dan CEO Media PVK Grup, Media PVK Grup, MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA ONLINE RESMI PARIWISATA INDONESIA,MEDIA PARIWISATA INDONESIA,MEDIA PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL, Waspadai Fase Gelombang 3 Pandemi Covid-19 di Indonesia Benarkah Bakal Terjadi, Berita Presiden Joko Widod, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke sumatera utara
Presiden Joko Widodo bersama rombongan saat menumpangi KMP Kaldera Toba, momen gambar diambil di sela-sela kunjungan kerjanya di Sumatera Utara, Kamis (3/2/2022) / Ilustrasi foto: Dok. BPMI Setpres-Laily Rachev

PariwisataIndonesia.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kunjungan kerja (kunker) hari kedua di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan menyeberang dari Pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba menggunakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Kaldera Toba, Kamis (3/2/2022).

Hal tersebut masih dalam rangkaian agenda kerja Presiden Jokowi selama di Sumut. Dimulai dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang sejak Rabu (2/2).

Baca juga :  Di Era Jokowi, Semangat Membangun Indonesia Prioritaskan Papua dan Kapsul Waktu Menjadi Saksi Bisu

Kemarin itu, Jokowi dan rombongan lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.00 WIB.

Agenda kerja Presiden Jokowi saat kunker hari pertama di Sumut

Dalam keterangan tertulis Presiden, sederet agenda kerja Kepala Negara disampaikannya secara mendetail, seperti meninjau dan meresmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun.

Setelahnya, Presiden menuju Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, terkait peresmian 7 (tujuh) pelabuhan penyeberangan dan 4 (empat) kapal penyeberangan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, termasuk meresmikan jalan bypass Balige.

Peresmian tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden di Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (2/2) kemarin.

Baca juga :  Apartemen Rayap di TN Wasur Papua, Taman 1000 Musamus Tawarkan Wisata Anti Mainstream

Di Kabupaten Samosir itu, Presiden juga meresmikan penataan Kawasan Huta Siallagan dan menyerahkan bantuan langsung tunai bagi para pedagang suvenir dan cendera mata.

Kunker hari pertama Presiden, ditutup dengan meninjau penataan Kawasan Huta Raja, sekaligus meresmikan Kampung Ulos Huta Raja di Kecamatan Pangururan.

Agenda kerja Presiden Jokowi saat kunker hari kedua di Sumut

Pagi tadi, Kepala Negara dan rombongan lepas sauh sekitar pukul 08.00 WIB dari Pelabuhan Ajibata, menumpangi “KMP Kaldera Toba” untuk melanjutkan perjalanan menuju helipad Kantor Bupati Humbang Hasundutan.

Menurut, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, kapal motor tersebut pernah dijajal Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat melakukan peninjauan infrastruktur di kawasan Danau Toba. Lanjut dia, kawasan ini termasuk dalam Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Agenda kunker kedua Kepala Negara di Kabupaten Humbang Hasundutan, juga terkait penanaman pohon di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, dan tak jauh dari lokasi penanaman pohon itu, Presiden bakal membagikan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial dan SK Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

Selepas acara tersebut, Presiden akan kembali menuju helipad Kantor Bupati Humbang Hasundutan untuk kemudian lepas landas dengan helikopter menuju helipad Stadion Utama Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Di tempat ini, Jokowi dijadwalkan akan menuju Lapangan Sudirman untuk kembali menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat di kawasan tersebut.

Di akhir keterangan resminya, juga menyampaikan, bahwa Presiden akan membagikan bantuan langsung tunai bagi para pedagang di Pasar Induk Sidikalang sebelum akhirnya lepas landas menuju Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan menggunakan helikopter Super Puma milik TNI AU.

Selain itu, perhelatan akbar MotoGP 2022 direncanakan akan digelar di kawasan Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada pertengahan bulan Maret 2022.

Lalu, mengulik postingan di instagram pribadi milik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, ia antusias dan menyambut baik, serta mengapresiasi upaya yang dilakukan Presiden Jokowi.

Sebab, kata Sandi, mimpi Jokowi tersebut tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, perlu kolaborasi semua pihak, sambungnya, memantik kebangkitkan ekonomi nasional dan menyerap lapangan kerja seluas-luasnya.

“Kami berharap melalui destinasi pariwisata yang menarik, tertara rapih dan berkelas dunia, banyak peluang usaha tercipta yang bisa mensejahterakan warga,” kata Sandiaga Uno yang ikut serta mendampingi Presiden selama kunker Jokowi di Sumut.

Selain Menteri Sandiaga Uno, dua menteri lainnya, yakni Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, juga ikut menyertai Presiden.

Kunjungan Jokowi ke Sumut, tentunya disambut dengan hangat dan gegap gempita oleh masyarakat Medan, tak terkecuali Gubernur Edy Rahmayadi yang turut mendampingi selama kunker Jokowi. (Alex/eh)