Petrus Golose Apresiasi “Launching Terobosan Kreatif Rehabilitasi BNNP Sulut”

Kepala BNN Petrus Reinhard Golose, menegaskan sikapnya lewat slogan "War On Drugs" untuk mewujudkan "Indonesia Bersinar", sekaligus mantan Kapolda Bali juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah ikut ambil bagian dalam upaya penguatan P4GN dengan memperkokoh sinergi seluruh komponen bangsa dan pemangku kepentingan (stakeholder). Berikut beritanya.
pariwisataindonesia.petrus.01
Kepala BNN RI Komjen. Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, M.M., saat menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam kegiatan "Pencanangan Desa/Kelurahan Bersinar Launching Terobosan Kreatif Rehabilitasi BNNP Sulut" di Ruang Catur Prasetya Mapolda Sulut, pada Kamis (11/11) lalu. (Foto: Ist)

PariwisataIndonesia.ID – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar “Pencanangan Desa/Kelurahan Bersinar Launching Terobosan Kreatif Rehabilitasi BNNP Sulut” di Ruang Catur Prasetya Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulut, pada beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, launching tersebut dihadiri langsung Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen. Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, M.M.

Mengawali sambutannya, Petrus Golose menjelaskan bahwa sejak ia dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BNN menegaskan sikapnya lewat slogan “War On Drugs” (Perang Melawan Narkoba).

Hal tersebut erat hubungannya dengan penguatan pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (disingkat P4GN) dan Prekursor narkotika lainnya untuk mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar).

Di kesempatan itu, mantan Kapolda Bali juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut mengambil bagian dalam upaya penguatan P4GN, dan menyebut salah satu yang kini digencarkan, yaitu memperkokoh sinergi seluruh komponen bangsa dan pemangku kepentingan (stakeholder).

“Secara khusus saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Gubernur Sulawesi Utara atas kepedulian yang besar terhadap masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” ucap Kepala BNN, seperti dalam keterangannya, Rabu (17/11).

Petrus Golose menambahkan, ia mengapresiasi inisiasi BNNP Sulut yang telah bekerja keras sebagai upaya penanggulangan narkoba di Bumi Minahasa.

Saat mengemukakan hal itu dilanjutkan lagi dengan mengatakan, akan terus mengajak para pengambil kebijakan, baik di tingkat regional dan nasional maupun internasional untuk kolaborasi dan melakukan sinergitas.

Termasuk Kepala Desa se Indonesia dalam upaya melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Tanah Air.

“Hal ini saya canangkan begitu melihat prevelensi dunia yang mana ada lebih dari 250 juta orang pengguna narkotika. Kalau taruh di satu negara, angkanya hampir setara jumlah penduduk di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam paparannya menyebut angka prevalensi di Indonesia sebesar 1,8 persen. “Itu sekitar 3,4 juta dari total penduduk Indonesia. Angka ini lebih dari jumlah penduduk Sulut secara keseluruhan,” sambungnya.

Selepas memberikan paparan, Petrus Golose mencurahkan perasaan bahagia dan ia mengakui cukup puas. Hal itu, lantaran prevalensi di ‘Bumi Nyiur Melambai’ menurut data yang dihimpunnya berada di kisaran 0,8 persen.

Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa angka penggunaan narkotika di wilayah itu masih relatif mudah dikendalikan. Lanjutnya, lebih baik dari prevalensi tingkat dunia maupun nasional.

Meski begitu, Kepala BNN tetap mengingatkan jajarannya tidak boleh lengah sedikitpun yang secara khusus pesan Petrus Golose tersemat kepada BNNP Sulut.

Tak cuma itu saja, imbauan Petrus Golose juga mengamanatkan pada semua stakeholder, katanya, sejak dini mesti sudah diantisipasi demi melindungi generasi muda masa depan bangsa.

Bersambung ke halaman berikutnya
“Saya berharap.. “